Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui aktivitas humas sebagai fungsi manajemen dalam pengambilan keputusan di Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. Dasar penelitian ini menggunkan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang yang dipilih melalui purposive sampling. Jenis data yaitu data primer dan sekunder kemudian teknik penggumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pekerjaannya, Humas akan menggunakan konsep-konsep manajemen untuk mempermudah pelaksanaan tugas-tugasnya. Menentukan masalah (defining the problem), Perencanaan dan penyusunan program (planning and programming), Melakukan tindakan dan berkomunikasi (taking action and communicating), Evaluasi program (evaluating the program), Pada dasarnya keempat proses humas yang penulis lihat dan jelaskan pada biro humas dan protokol di atas merupakan sistem yang saling terkait dalam pelaksanaannya. Kemudian, humas selalu dekat dengan pimpinan dan pimpinan tentunya tidak lepas dari yang namanya pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan sangat penting dalam manajemen dan merupakan tugas utama dari seorang pemimpin. Pada Biro Humas sendiri, tugas humas sebatas pemberian saran namun tidak sepenuhnya dapat mempengaruhi keputusan dari pimpinan. Jika hanya keputusan yang tidak terlalu formal dalam artian bukan suatu peraturan perundangan yang mengikat dan membutuhkan rapat dalam pengambilan keputusannya, memang saran humas sering mempengaruhi pimpinan. Karena pada dasarnya keputusan utama ada ditangan gubernur itu sendiri.