ANALISIS TINDAK TUTUR ASERTIF GURU DI SD INPRES DUYU

Main Article Content

Adria -
Syamsuddin -
Sitti Harisah

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mendiskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur guru SD Inpres Duyu. Adapun rumusan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bentuk tindak tutur asertif guru dan untuk mengetahui fungsi tindak tutur asertif guru. Metode penelitian ini menggunakan model alir yng diadopsi dari Huberman. Pengumpulan data ini melalui observasi, studi dokumentasi, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitin ditemukan bahwa bentuk tindak tutur asertif guru SD Inpres Duyu terdiri atas tindak tutur menyatakan informasi, mengemukakan pendapat, dan menyimpulkan pembicaraan atau suatu keputusan sedangkan fungsi tindak tutur guru SD Inpres Duyu terdiri dari a) Fungsi menyatakan. Fungsi menyatakan ini bermaksud memberikan informasi kepada peserta didik dalam bentuk perintah, b) Fungsi mengemukakan. Fungsi mengemukakan ini dalam bentuk menyampaikan informasi tindak tutur ilokusi. c) Fungsi menyimpulkan. Fungsi menyimpulkan ini terdiri dari regulasi, representasional, personal dan imajenatif, dan d) Fungsi menegaskan. Fungsi ini memberi penegasan kepada siswa dengan menggunakan tindak tutur ilokusi. Tindak tutur asertif mengandung fungsi instrumental dalam menyatakan informasi, mengubah sikap dan keyakinan, mengubah perilaku dan mendorong menggerakkan peserta didik untuk melakukan suatu tindakan sebagai bentuk respon kepada guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS TINDAK TUTUR ASERTIF GURU DI SD INPRES DUYU. (2021). Kinesik, 8(2), 201-215. https://doi.org/10.22487/ejk.v8i2.167

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)