Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk melanjutkan pendidikannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat eksplanatif. Teori yang digunakan adalah teori Consumer Behavior di mana pengambilan keputusan dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UMN angkatan 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada faktor internal, pilihan mahasiswa paling banyak ditentukan oleh tersedianya program studi yang mereka minati. Selain itu, nama besar Kompas Gramedia Group yang merupakan grup UMN menjadi alasan utama mahasiwa memilih UMN. Sementara dari faktor eksternal, adanya beasiswa membuat mahasiswa tertarik untuk menjadi mahasiswa UMN. Hasil lain, orang tua merupakan merupakan kelompok rujukan yang paling didengarkan oleh calon responden dalam memilih perguruan tinggi. Dan pameran pendidikan merupakan metode komunikasi pemasaran yang paling menentukan pilihan mereka dalam memilih UMN.