Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempromosikan pariwisata di Sulawesi Tengah melalui admin akun Instagram SoalPALU dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan dasar penelitian menggunakan study kasus. Penelitian ini dilakukan pada akun Instagram SoalPalu untuk provinsi Sulawesi Tengah. Informan dalam dalam penelitian ini berjumlah delapan orang dengan menggunakan teknik sampling penelitian yaitu purposive sampling terdiri dari 3 orang admin dan 5 orang followers. Sebagai alat pengumpul data menggunakan observasi dan wawancara mendalam (depth interview) dengan pengolahan data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum melakukan promosi ke media instagram, admin terlebih dahulu melakukan perencanaan seperti pada bagaimana pengambilan gambar yang baik pada daerah wisata dan rangkaian pesan-pesan yang dituliskan. Berikut terdapat temuan yaitu untuk bisa (a) Menarik perhatian admin berupaya untuk memposting gambargambar atau video yang memperlihatkan keindahan bawa laut, keindahan pantai, kesenian daerah dan kebudayaan di Sulawesi Tengah, (b) untuk menumbuhkan hasrat dan minat followers, admin akun SoalPALU memposting gambar dan video yang difokuskan pada konten jagoan, wisata pantai, pegunungan, makanan kuliner, kesenian dan lain sebagainya dan (c) Pengambilan Keputusan dan tindakan berkaitan dengan adanya kegiatan untuk menentukan tempat wisata yang dipilih dan kemudian dikunjungi.