Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kenaikan Pangkat Guru Sekolah Dasar di Kota Palu, khususnya Pada Kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah Kecamatan Mantikulore . Jenis penelitian adalah kualitatif, Teori yang digunakan adalah Parasuraman dan Berry, yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. iforman penelitian ini adalah Keppala UPTD dan Staf serta Guru Sekolah Dasar.. Tahnik pengumpulan data dilakukan melaalui observasi, wawancaraa dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi data collection, data condezation, data display dan conclusions drawing. Hasil penelitian menujukkan bahwa Kualitas Pelayanan UPTD dalam proses kenaikan pangkat PNS guru menunjukkan bahwa tiga dimensi kualitas pelayanan yang mendapat kategori baik, yaitu Reliability, Responsivenss dan Assurance disebabkan oleh pelayanan yang diberikan UPTD Pendidikan Kecamatan Mantikulore telah memenuhi syarat atau telah sesuai dengan standar pelayanan yang memiliki arti bahwa meskipun terjadi beberapa masalah dalam proses pemberian pelayanan tersebut, sedikitpun tidak memberikan arti yang besar dalam kualitas pelayanan yang diberikan. Namun, lain halnya dengan dua dimensi kualitas pelayanan yang mendapatkan kategori kurang baik yaitu Tangibles dan Empathy disebabkan oleh tingkat kualitas pelayanan yang kurang memuaskan atau dianggap kurang layak