Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi vlogger yang membuat konten vlog di YouTube sebagai media berekspresi, melalui kebutuhan yang memunculkan dorongan motivasi yang timbul dan menghasilkan perilaku untuk memenuhi kebutuhan yang ingin dicapai pada informan vlogger komunitas YouTubers Palu. Konsep penelitian ini menggunakan teori kebutuhan dan motivasi. Kebutuhan yang ingin dicapai yaitu, Existence (Keberadaan), Relatedness (Hubungan), dan Growth (Pertumbuhan), dan melalui kebutuhan adanya dorongan motivasi yang timbul dapat berupa, motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Tipe penelitian ini bersifat deskriptif dengan dasar penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini berjumlah lima (5) orang yang dipilih melalui purposive sampling. Dengan menggunakan analisis data kualitatif serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam memenuhi kebutuhannya dengan menjadi seorang vlogger membuat konten vlog sebagai media dalam berekspresi. Diketahui bahwa kebutuhan informan tidak terbatas pada kebutuhan yang bersifat konkret (nyata) tetapi juga bersifat abstrak (tidak nyata). Misalnya kebutuhan ekonomi, rasa aman, ingin dihargai, atau dihormati. Dari hal tersebut informan ingin mencapai hirarki kebutuhan, existence, relatdness, dan growth. Melalui ketiga kebutuhan tersebut pada kebutuhan existence informan belum dapat memenuhi kebutuhan secara fisiologis yaitu kebutuhan dasar manusia. Karena informan belum menjadikan aktifitas vlogger adalah profesi utama dalam pemenuhan kebutuhan tersebut. Akan tetapi aspek lain kebutuhan existence tercapai dalam membuat konten vlog sebagai sarana yang tepat dalam berekspresi dan memaksimalkan potensi diri mereka. Sedangkan untuk kebutuhan growth, diketahui bahwa selain alasan kebutuhan media dalam berekspresi, para informan juga memenuhi kebutuhannya dengan peningkatan baik dari segi kemajuan ekonomi yaitu pendapatan iklan dan endorsement, dan dari segi kualitas melalui apresiasi dari orang-orang. Adapun pencapaian kebutuhan relatdness, informan berhasil membangun kesukaan dan relasi terhadap para penonton dan kelompok sosialnya. Melalui kebutuhan tersebut dorongan motivasi yang timbul kepada para informan memilih menjadi seorang vlogger dominan didasari oleh motivasi ekstrinsik yaitu adanya dorongan dari luar sehingga merangsang informan memilih YouTube dan membuat vlog melalui contoh keberhasilan, dan pencapaian yang telah diwujudkan oleh vlogger lain yang telah suskes sehingga menjadi dorongan kuat pada diri para informan.

Keywords

Vlog Existence Intrinsik Ekstrinsik

Article Details

How to Cite
Ajeng , A. T. (2018). VLOGGER DAN KONTEN VLOG YOUTUBERS PALU: MOTIVASI MENJADIKAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA BEREKSPRESI . KINESIK, 5(3), 50-65. https://doi.org/10.22487/ejk.v5i3.60