Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan promosi wisata melalui media sosial instagram oleh Komunitas Geonusantara Sulawesi Tengah. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan dasar penelitian studi kasus. Dengan menggunakan analisis data kualitatif serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara mendalam. Penelitian ini dilakukan pada komunitas Geonusantara Sulawesi Tengah. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang dengan menggunakan teknik sampling penellitian yaitu purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mempromosikan wisata Sulawesi Tengah melalui media sosial instagram, terlebih dahulu melakukan perencanaan seperti pada bagaimana pengambilan gambar dan rangkaian pesan yang tulisakan. Berikut terdapat temuan yaitu foto yang diunggah sebelumnya di seleksi oleh kurator foto. Dalam pemilihan foto sebelum di unggah di instagram memperhatikan dari teknik fotogarfi, yakni komposisi dan sudut pengambilan 1/3 garis horizontal dan vertikal. Demi berjalan lancar dan teratur, dilaksanakan uber (unggah bersama) oleh anggota Geonusantara Sulawesi Tengah di setiap hari senin, rabu, dan jumat. Alasan penggunaan media soisial instagram dalam kegiatan promosi karena instagram merupakan media sosial berbasis foto, serta memiliki fitu-fitur yang dapat membantu memperkenalkan Sulawesi Tengah.Walaupun dari semua fitur-fitur instagram belum semuanya dimanfaatkan dalam mempromosikan Sulawesi Tengah.

Keywords

Pariwisata Promosi Instagram Fotografi

Article Details

How to Cite
Rivaldi. (2019). PEMANFAATAN INSTAGRAM KOMUNITAS GEONUSANTARA SULAWESI TENGAH SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA SULAWESI TENGAH . Kinesik, 6(2), 207-222. https://doi.org/10.22487/ejk.v6i2.82