Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas public relations pada media sosial Pamflet Generasi dan peran media sosial pada aktivitas public relations Pamflet Generasi. Penelitian ini dilakukan di Pamflet Generasi, Jakarta-Indonesia. Adapun informan merupakan pengurus dan anggota dari organisasi Pamflet Generasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini sebanyak empat (4) orang. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pamflet Generasi sebagai organisasi non pemerintahan menjalankan aktivitas public relations di media sosial melalui konten-konten yang bersifat sosialisasi dan advokasi. Pamflet Generasi memiliki lima (5) media sosial diantaranya Instagram, Facebook, Twitter, Youtube dan Podcast. Namun, dari lima (5) media sosial yang ada Pamflet Generasi memilih Instagram menjadi media sosial utama. Kemudian, setiap aktivitas yang dilakukan di media sosial Pamflet Generasi melalui sebuah perencanaan atau rapat editorial di setiap bulan. Menurut Pamflet Generasi fungsi atau peran media sosial dalam aktivitas public relations terbagi atas dua yakni sebagai katalog organisasi dan media kampanye.