Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial instagram dalam membangun hubungan terhadap pendengar MS Radio. Penelitian ini dilakukan di MS Radio, Palu-Indonesia. Adapun informan merupakan pengurus dan pengikut akun sosial media instagram MS Radio. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi komunikator. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini sebanyak empat (4) orang. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa MS Radio memiliki tiga (3) akun sosial media yaitu: instagram, twitter, dan facebook. Media sosial instagram adalah media sosial utama yang digunakan dikarena fitur-fitur yang dimiliki instagram cukup membantu dalam menyebarkan informasi-informasi yang ingin mereka bagikan kepada khalayak. instagram sebagai alat bantu MS Radio dalam menjangkau khalayak seluas-luasnya. Sifat media sosial instagram yang mudah dan praktis menjadikan media sosial instagram sebagai alat bantu penyebaran informasi dan program yang mudah dijangkau dan diterima oleh khalayak, dalam memberikan informasi yang ingin diberikan kepada khalayaknya. Sehingga pesan yang disampaikan mudah diakses serta dapat diterima dengan cepat oleh pendengarnya.

Keywords

Media Sosial Instagram MS Radio

Article Details

How to Cite
Yunus, Y., & Mahpuddin. (2021). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN PENDENGAR MS RADIO. Kinesik, 7(3), 293-302. https://doi.org/10.22487/ejk.v7i3.132