Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui motif pengunaan fitur Instastory dalam Akun Media Sosial Instagram pada komunitas Intektual Mahasiswa Ilmu Komunikasi Periode 2015-2016 menggunakan teori motif penggunaan media milik Papacharissi dan Rubin yaitu Motif Utility, Motif Passing Time, Motif Seeking Information, Motif Convienence Dan Motif Entertainment. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe deskriptif kualitatif. Dasar penelitian pada penelitian ini adalah studi kasus dengan jumlah informan sebanyak 6 orang, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yakni reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, motif penggunaan fitur Instastory pada mahasiswa ilmu komunikasi meliputi: (a) Motif Utility dimana fitur Instastory digunakan sebagai alat untuk mengekspresikan diri, mengekspos kegiatan sehari-hari, membagikan informasi, mencari hiburan bahkan sebagai alat untuk mendukung kehiduapan sosial para penggunanya dalam bentuk interaksi seperti mengirim pesan, berkomentar, berkirim foto maupun video untuk saling berukar pendapat. (b) Motif Passing Time pengguna memanfaatkan fitur Instastory untuk mengisi waktu luang dengan membagikan moment lucu saat berkumpul bersama teman-teman, saat ada kegiatan, saat liburan, bermain game, upload musik, atau hanya sekedar melihat story pengguna lain. (c) Motif Seeking Information dimana fitur Instastory digunakan untuk mencari informasi tentang ekonomi, politik, kehiduapan artis, fenomena yang terjadi serta berita terkini dan aktual (d) Motif Convience dimana Informan memanfaatkan fitur Instastory sebagai alat penyaluran emosi dengan tujuan melapaskan diri dari permasalahan yang sering terjadi dengan cara mengupload foto, video, game atau quotes agar dapat menghubungkan ke sesama penggunaanya sehingga memungkinkan mengatasi permasalahan yang ada. (e) Motif Entertainment dimana mahasiswa memanfaatkan fitur ini untuk menghilangkan kebosanan dan kejenuhan dengan memanfaatkan fitur boomerang, superzoom, face filter atau fitur lainnya untuk sekedar menghibur diri.

Keywords

Motif Instagram Instastory

Article Details

How to Cite
Lestari, D. R. (2019). STUDI MOTIF PENGGUNAAN INSTASTORY PENGURUS KINESIK PERIODE 2015-2016 . Kinesik, 6(2), 127-139. https://doi.org/10.22487/ejk.v6i2.76