Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses komunikasi instruksional pengajar dan peserta didik pada lembaga kursus bahasa Inggris ELC Education Palu. Tipe penelitian ini bersifat deskriftif kualitatif yaitu membuat deskripsi secara sistematis, faktual, dan akurat. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam serta menggunakan analisis data kualitatif. Subjek atau informan dalam penelitian ini berjumlah 7 (tujuh) orang informan yang dipilih melalui purposive sampling yaitu 1 Branch Manager/Pimpinan, 3 pengajar dan 3 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi instruksional yang dilakukan oleh pengajar dapat dilihat dari pengajar memberikan materi kepada peserta didik dan dalam proses pengajaran yang dilakukan diharapkan adanya perubahan perilaku oleh peserta didik. Kemudian dari lima proses komunikasi instruksional yang diterapkan di lembaga kursus ELC Education Palu meliputi proses spesifikasi isi dan tujuan instruksional, pengajar membuat lesson plan atau rancangan kegiatan belajar, lesson plan yang dibuat berisi pesan atau materi yang sudah dirancang khusus oleh pengajar yang akan disampaikan ke peserta didik. Kedua, penaksiran perilaku mula, pengajar melakukan post test dengan selalu bertanya dan mengulang materi untuk mengetahui sejauhmana kemampuan yang dimiliki peserta didik. Ketiga, penetapan strategi instruksional yaitu pengajar menggunakan metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, dan metode bermain. Keempat, organisasi satuan-satuan instruksional yaitu pengajar menyusun pesan atau materi secara bertahap mulai dari pengenalan kosa kata sampai dengan membuat percakapan. Dan kelima, umpan balik yaitu respon yang diberikan peserta didik berupa umpan balik verbal dan nonverbal. Dan dalam proses belajar mengajar juga ditemui adanya proses komunikasi antarpribadi dan komunikasi kelompok.

Keywords

Komunikasi Instruksional Belajar Mengajar Pengajar Peserta Didik

Article Details

How to Cite
Situju, H. D. (2018). KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL PADA PROSES PEMBELAJARAN DI LEMBAGA KURSUS BAHASA INGGRIS ENGLISH LANGUAGE CENTER (ELC) EDUCATION PALU. Kinesik, 5(3), 76-90. https://doi.org/10.22487/ejk.v5i3.62