Klaim Superlatif sebagai Pelanggaran Iklan Etika Pariwara Indonesia pada Iklan di YouTube Iklan Azarine Kids, Ichitan, Le Minerale, SGM, dan Zwitsal
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelanggaran etika periklanan dalam bentuk klaim superlatif yang digunakan pada iklan Azarine Kids, Ichitan, Le Minerale, SGM, dan Zwitsal yang ditayangkan di YouTube. Klaim superlatif sering kali digunakan untuk menarik perhatian konsumen dengan menyatakan keunggulan produk secara berlebihan, tanpa disertai bukti yang dapat dipertanggungjawabkan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi dari tayangan iklan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima iklan tersebut melanggar etika pariwara Indonesia, terutama pada pasal yang mengatur penggunaan klaim superlatif. Pelanggaran tersebut berpotensi menyesatkan konsumen, merugikan pesaing, dan menurunkan kepercayaan publik terhadap merek. Selain itu, kurangnya bukti pendukung dalam klaim tersebut mengindikasikan ketidakssesuaian dengan standar etika dan peraturan periklanan.
Downloads
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian
Cara Mengutip
Referensi
Aja, P. M., Fasogbon, I. V., Mbina, S. A., Alum, E. U., Eze, E. D., & Agu, P. C. (2024). Bisphenol-A (BPA) Exposure as a Risk Factor for Non-Communicable Diseases. IntechOpen EBooks. https://doi.org/10.5772/intechopen.112623
Akmal, H. F., Ersadewa, D. T., & Rahmawati, D. (2024). Pelanggaran Etika Pariwara Indonesia dalam Iklan Marina Hand Body Lotion. Jurnal Audiens, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.18196/jas.v5i1.265
Azarine Kids, 2024, Baru! Sunscreen Kids Pilihan Mom Ussy, [00:10], YouTube, https://www.youtube.com/watch?v=RwIsQfOflRs .
Bakrie, U. 2022. Reputasi Merek Media di Lingkungan Digital : Pengaruh Etika dan Logika Berita Online terhadap Citra Merek Media. 38(3), 106–125.
Dewan Periklanan Indonesia. 2020. Etika Pariwara Indonesia. Jakarta: Dewan Periklanan Indonesia.
Fakhrudin, A et al.. 2023. Analysis of Advertising Ethics Violations in Rhenald Kasali and Andy F Noya’s “Tolak Angin” Television Advertisement. 1(3), 305-309
Fauzan, M. R., Farransahad, B. F., Rahmawati, N., dan Junaedi, F. 2023. Pelanggaran Etika Pariwara Indonesia Dalam Iklan Tvc Paramex dan Garnier Micellar Water Tahun 2023. Jurnal Bincang Komunikasi, 1(2), 86.
Fitri, S., & Erdiansyah, R. (2022). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Pesan Iklan, dan Selebriti Endorser terhadap Keputusan Pembelian Uniqlo. Prologia, 6(1), 154. https://doi.org/10.24912/pr.v6i1.10373
Galán, J. L. de L. (2018). La protección constitucional del consumidor frente a la publicidad engañosa. Methaodos Revista de Ciencias Sociales, 6(1). https://doi.org/10.17502/m.rcs.v6i1.209
Hakumi Chan, 2024, SGM Eksplor • Nutrisi Lebih Banyak • TVC Edisi 2024 • Iklan Indonesia 30 sec, YouTube, https://www.youtube.com/watch?v=jJgd2Za9Z2Y .
Hasudungan, G. G., Turisno, B. E., & Aminah. (2016). Perlindungan Konsumen Terhadap Iklan Yang Menggunakan Kata Superlatif. Diponegoro Law Review, 5(2), 1–15.
Ichitanindo, 2020, Ichitan Thai Signature, [0:28], YouTube, https://www.youtube.com/watch?v=i4wy9wr5-kU .
Irawanto, A., Bizaro, N., & Setiawan, A. (2022). Article History: Keywords: Shopeepaylater; Shopee; Etika Pariwara Indonesia. Universitas Muhammadiyah Jakarta, 1(2), 1–11.
Kasus, S., Iklan, P., Versi, I., Yang, M., dan Sari, I. 2024. Analisis Pelanggaran Etika Periklanan ( EPI ) Iklan TV. 3.
Kriyantono, Rachmat. 2019. Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Kencana.
LeMinerale, 2024, Galon Le Minerale 100% Bebas BPA, [0:13], YouTube, https://www.youtube.com/watch?v=aIPA7vDI_A4 .
Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi: Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana.
Moraru, I. (2021). The Discrediting of Competing Trademarks - Between Multiple Qualification Option and Qualification Impediment. Eastern European Journal for Regional Studies, 7(1), 200–217. https://doi.org/10.53486/2537-6179.7-1.10
Nesya Navisabilla, Perdana, M. A., dan Handoko, D. 2024. Analisis Pelanggaran Etika Pariwara Indonesia Pada Iklan Ichitan Indonesia Versi 'Ichitan Signature’ di Youtube. HUMANUS : Jurnal Sosiohumaniora Nusantara, 1(3), 416–423.
Nuseir, M. T. (2018). Impact of misleading/false advertisement to consumer behaviour. International Journal of Economics and Business Research, 16(4), 453. https://doi.org/10.1504/ijebr.2018.10016066
Pambudi, Fivin Bagus Septiya. 2023. Buku Ajar Semiotika. Jepara: Unisnu Press.
Rizqi, F., Syaifullah, A. R., dan Sudana, U. 2021. Etika Berbahasa Berdasarkan Epi Dalam Iklan Sampo Sumber Data dan Data. Etika Berbahasa Berdasarkan Epi Dalam Iklam Sampo Sumber Data Dan Data, 61–75.
Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Santosa, Sigit. 2009. Creative Adverstising. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Suci, A. M, Azarine, I. G, Maulana. K. A, & Hasna, N. T. 2024. Analisis Penerapan Etika Bisnis pada Kasus Strategi Pemasaran dengan Iklan Palsu dan Klaim Produk yang Berlebihan. 10(14), 37-45.
Syaiful Abdy, Reidhia Salsabila, Fitalia Bunga, dan Daniel Handoko. 2024. Analisis Etika Periklanan dan Dampak Sosial Iklan Sabun Mandi Lifebuoy “5 Tahun Bisa untuk NTT” pada Desa Bitobe, Nusa Tenggara Timur, Tahun 2023. SABER : Jurnal Teknik Informatika, Sains Dan Ilmu Komunikasi, 2(3), 229–237.
Turisina, S. A., Ardiansyah Cesar, R., & Arya W, R. (2024). Pelanggaran Etika Pariwara Indonesia di Koran Kedaulatan Rakyat. Jurnal Audiens, 4(4), 632–639. https://doi.org/10.18196/jas.v4i4.323
ZwitsalBabyCorner, 2024, Coba Zwitsal Happy Skin! Kulit yang Lebih Dari Lembut (15s). YouTube, https://www.youtube.com/watch?v=vsG6-x8o318 .