Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini telah membawa pengaruh besar dalam hal pemenuhan kebutuhan informasi bagi masyarakat. Generasi milenial saat ini tidak hanya dituntut untuk mengggunakan teknologi tetapi juga harus adaptif terhadap berbagai tren yang muncul terutama dalam memenuhi kebutuhan informasi. Youtube merupakan salah satu aplikasi media untuk memenuhi kebutuhan informasi di era modern saat ini. Seiring berkembangnya vlogger atau content creator di Indonesia, Semakin beragam dan berkembang industri video yang ada di youtube, menjadikan masyarakat khususnya generasi mileneal kini lebih selektif dalam memilih saluran-saluran yang ingin ditonton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara penggunaan media youtube dengan sikap pengguna terhadap media youtube dikalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan melukiskan variabel demi variabel. Penelitian menggunakan metode deskriptif tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Data diperoleh dari kuesioner, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa content/isi yang terkandung pada media youtube dengan sikap pengguna terhadap media youtube dikalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako, terjadi keterkaitan antara persepsi pengguna dengan daya tarik content/isi media youtube dan sikap pengguna terhadap media youtube. judul content pada media youtube dengan sikap pengguna terhadap media youtube dikalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako, pada media youtube, terlihat sangat baik. Judul content pada media youtube dapat dilihat dari komposisi alur kalimatnya; penggunaan kata dan bahasa, ukuran huruf, penempatan kata; serta penggunaan gambar atau foto yang dominan pada content yang disajikan.