MANFAAT YOUTUBE DALAM PENDIDIKAN PERTANIAN: APA PENDAPAT MAHASISWA?

Isi Artikel Utama

Sabaruddin
Nahdiana
Andriansyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  persepsi mahasiswa jurusan Teknologi Produksi Pertanian Politeknik Pertanian Negeri Pangkep dalam memanfaatkan media Youtube sebagai sumber belajar dan efek yang ditimbulkan setelah mengakses media  Youtube. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap mahasiswa sebagai informan penelitian yang mewakili empat program studi yaitu Budidaya Tanaman Perkebunan, Produksi dan Pengolahan Kopi, Teknologi Produksi Tanaman Pangan dan Teknologi Produksi Tanaman Hortikultura. Hasil penelitian menunjukkan beragam persepsi yang dikategorikan atas persepsi positif dan negatif. Mahasiswa menilai konten video Youtube sebagai sumber belajar secara positif karena bersifat informatif dan efektif terutama mendapatkan informasi berupa pengetahuan dan wawasan dalam bidang pertanian. Youtube juga dianggap sebagai media yang bersifat inspiratif karena mahasiswa dapat menyalurkan ide dan kreativitas sebagai konten kreator dan sebagai sumber belajar berbisnis untuk mendapatkan keuntungan finansial. Mahasiswa juga menilai Youtube secara negatif karena dapat menjadi media yang menyebarkan informasi yang bersifat hoax dan tidak dapat dibuktikan kebenarannya secara ilmiah. Efek yang ditimbulkan oleh Youtube sebagai sumber belajar mahasiswa berupa informasi pengetahuan dan wawasan (efek kognitif), adanya perubahan sikap (efek afektif) dan adanya kegiatan atau tindakan (efek konatif/behavioral).

Downloads

Download data is not yet available.

Rincian Artikel

Bagian

Articles

Cara Mengutip

MANFAAT YOUTUBE DALAM PENDIDIKAN PERTANIAN: APA PENDAPAT MAHASISWA?. (2023). Kinesik, 10(3), 345-358. https://doi.org/10.22487/ejk.v10i3.1080

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama