Efektivitas Penggunaan Aplikasi Telegram Sebagai Media Menonton Mahasiswa Konsentrasi Broadcasting

Isi Artikel Utama

Mohammad Iqbal Maharansyah Arya Reksa
Dwi Rohma Wulandari
Sumarni Zainuddin

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas aplikasi telegram sebagai media menonton film dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan mahasiswa ilmu komunikasi konsentrasi broadcasting. Dengan menggunakan model teori Uses and Gratification. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian dan pengambilan data menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 116 mahasiswa Ilmu Komunikasi konsentrasi broadcasting yang telah di total dari angkatan 2019 dan 2020. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagai media menonton film aplikasi telegram efektif dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan mahasiswa ilmu komunikasi konsentrasi broadcasting dengan hasil rata-rata sebesar 2,88 yang telah dihitung menggunakan bantuan aplikasi perhitungan statistik SPSS versi 26.0. Kesimpulan dari penelitian ini adalah efektivitas aplikasi telegram mahasiswa Ilmu Komunikasi konsentrasi broadcasting cenderung efektif dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan sebagai media menonton film.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Rincian Artikel

Bagian

Articles

Biografi Penulis

Mohammad Iqbal Maharansyah Arya Reksa, Universitas Tadulako

Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia

Dwi Rohma Wulandari, Universitas Tadulako

Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia

Sumarni Zainuddin, Universitas Tadulako

Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia

Cara Mengutip

Efektivitas Penggunaan Aplikasi Telegram Sebagai Media Menonton Mahasiswa Konsentrasi Broadcasting . (2024). Kinesik, 11(3), 323-332. https://doi.org/10.22487/ejk.v11i3.1566

Referensi

Andi Dwi Riyanto. (2022) Hootsuite-We-Are-Social-Indonesian-Digital-Report-2022/. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/. Accessed 17 Nov. 2022. 3:03 PM

Hamidi. (2010). Metode Penelitian Dan Teori Komunikasi. Malang: UMM Press.

Henderi. (2007). Analysis and Designed System with Unifed Modeling Language. Tanggerang: STMIK Raharja.

Humaizi. (2018). Uses and Gratification Theory. Medan: USU Press.

Jalaludin, Rakhmat. (2000). Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh Analisis Statistik, 8th edn (Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jalaludin, Rakhmat. (2019). Metode Penelitian Komunikasi. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Khomsahrial Romli. (2017). Komunikasi Massa. Penerbit PT Grasindo.

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group.

Kotler Philip & Kevin Lane Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. 12th ed. Jakarta: Erlangga.

Mahmudi. (2015). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP. YKPN

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Morissan. (2015). Teori Pengantar Individu Hingga Massa. Prenada Media Group

Nurudin & Dedy Nur Hidayat. (2009). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta.

Nurudin & Dedy Nur Hidayat. (2013). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rulli Nasrullah. (2018). Media Sosial. Simbiosa Rekatama Media.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama