Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk megetahui bagaimana hubungan antara karakteristik moto pesan poster dalam pelaksanaan “Pola Prima” di Bank Tabungan Negara. Tipe penelitian yang digunakan kuantitatif dengan metode survey. Variabel independent dalam penelitian ini adalah karakteristik motto pesan diantaranya origin, mode, physical character, organization dan novelty. Serta variabel dependent yaitu pelaksanaan pola prima. Sampel penelitian diambil sebanyak 45 orang dengan populasi 45 orang, yang artinya jumlah total populasi diriset. Total sampling seperti ini disebut sebagai sensus. Dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data, dan pengukuran variabel menggunakan skala likert. Teknik analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan rumus Korelasi Person’s Product Moment dengan bantuan pengolahan data menggunakan SPSS versi 18.0. Hasil pengujian hipotesis karakteristik motto pesan melalui poster dalam pelaksanaan pola prima dengan melihat rhitung sebesar 0,775. Maka dapat disimpulkan ada hubungan positif dan signifikan yang kuat antara variabel karakteristik motto pesan melalui poster dengan variabel pelaksanaan pola prima. Artinya hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak.