Main Article Content

Abstract

Perceived quality dalam dunia pemasaran sangat penting. Perceived quality yang tepat dengan kualitas produknya, dapat mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen dalam mengkonsumsi suatu produk / jasa. Tak terkecuali dalam industri media berita, perceived quality juga berpengaruh terhadap kepuasan pembaca dan pada gilirannya mereka akan membaca ulang melalui media tersebut. Brand Kompas sebagai kantor berita kini juga memanfaatkan saluran televisi yang disebut Kompas TV dan saluran online yang disebut Kompas.com. Masing-masing saluran ini memiliki keunggulan dan kekurangannya sebagai media saluran berita. Penelitian ini mencoba membandingkan perceived quality dari generasi millennials di Yogyakarta terhadap kedua saluran itu dalam mengemas berita.  Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menanyakan kepada 100 orang responden. Hasil dari penelitian ini secara keseluruhan, Kompas TV mendapat nilai lebih baik daripada Kompas.com. Nilai mean untuk Kompas TV adalah 34,63 > 34,16 nilai mean untuk Kompas.com. Kompas TV mendapat nilai 3,30 > 3,14 Kompas.com pada kemampuannya dalam memberikan bukti visual. Sementara Kompas.com mendapatkan nilai lebih pada kemampuannya untuk memberikan keberagaman sudut pandang dalam setiap pemberitaannya dengan nilai 3,06 > 2,99 Kompas TV.

Keywords

Perceived Quality, Kompas TV, Kompas.com, Millenials

Article Details

How to Cite
Asmoro Tunggal, I. D. (2022). Perbedaan Perceived Quality Dari Millenials Yogyakarta Terhadap Kompas TV dan Kompas.com Sebagai Media Berita. KINESIK, 9(1), 49-61. https://doi.org/10.22487/ejk.v9i1.300