Penggunaan Beauty Key Opinion Leader Dalam Strategi Membangun Kesadaran Merek Produk Kecantikan Lokal Indonesia
Isi Artikel Utama
Abstrak
Key Opinion Leader adalah individu yang memiliki pengaruh besar dalam suatu industri atau komunitas tertentu, terutama dalam konteks pemasaran dan promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis strategi komunikasi pemasaran dalam membangun kesadaran merek produk kecantikan lokal Indonesia. Metode yang digunakan adalah menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan teknik analisis interaktif dalam menganalis data. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran dengan menggabungkan beberapa strategi yang ada, yakni Strategi pemilihan KOL, Pembuatan konten kreatif, Konten unboxing dengan PR Package, dan Konten Hard Selling.
Downloads
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian
Cara Mengutip
Referensi
Aaker, D. A., & Joachimsthaler, E. (2000). Brand Leadership the Evolving Paradigm. 376.
Abratt, R., & Bendixen, M. (n.d.). Strategic Marketing: Concepts and Cases.
Aghazadeh, H., & Khoshnevis, M. (2024). Digital Marketing Implementation and Practice. In Digital Marketing Technologies. https://doi.org/10.1007/978-981-97-0607-5_3
Cantika, A. R., & Kurnia, K. (2023). Kesesuaian Karakteristik Key Opinion Leader (KOL) terhadap Efektifitas NCT Dream sebagai KOL Somethinc. Prologia, 7(1), 213–221. https://doi.org/10.24912/pr.v7i1.23261
Carvill, M. (2018). Get social : social media strategy and tactics for leaders.
Dr. Das’ad Latif, S.Sos., M.Si., P. . (2022). Media Sosial, Suatu Alternatif. PT Elex Media Komputindo.
Feriyanto, A. dan, & Triana, E. S. (2015). Komunikasi Bisnis Strategi Komunikasi dalam Mengelola Bisnis. PUSTAKABARUPRESS.
Heggde, G., & Shainesh, G. (2018). Social media marketing: Emerging concepts and applications [Marketing de medios sociales: Conceptos y aplicaciones emergente].
Hendri, J. (2023). Riset Pemasaran. In Universitas Gunadarma (Issue July). ANDI.
Kington, H., Chapman, M., Clarke, C., & Beesley, S. (2018). Principles of marketing. In BSAVA Manual of Small Animal Practice Management and Development. https://doi.org/10.22233/9781910443156.25
LatihID. (2021). Apa Itu PR Package?. Medium. https://latihid.medium.com/apa-itu-pr-package-3dfcf1ee7485
Lengkawati, A. S., & Saputra, T. Q. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Elzatta Hijab Garut). Prismakom, 18 (1)(1), 33–38.
Ligariaty, Y. I., & Irwansyah, I. (2021). Narasi Persuasi Social Media Influencer Dalam Membangun Konsep Kecantikan Dan Kepercayaan Diri. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(2), 173–186. https://doi.org/10.32509/pustakom.v4i2.1495
Limanseto, H. (2024). Hasilkan Produk Berdaya Saing Global, Industri Kosmetik Nasional Mampu Menembus Pasar Ekspor. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/5626.
Mardiyanto, D., & Slamet, G. (2019). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MERCHANDISE DI KEDAI DIGITAL 8 SOLO (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran). Surakarta Management Journal, 1(1), 43. https://doi.org/10.52429/smj.v1i1.329
Meifitri, M. (2020). Fenomena “Influencer” Sebagai Salah Satu Bentuk Cita-Cita Baru Di Kalangan Generasi “Zoomer.” Komunikasiana: Journal of Communication Studies, 2(2), 84. https://doi.org/10.24014/kjcs.v2i2.11772
Octaviani, A. (2023). Komunikasi Pemasaran (1st ed.). PUSTAKABARUPRESS.
Persily, N., & Tucker, J. A. (2020). Social Media and Democracy (SSRC Anxieties of Democracy). 364.
Puspasari, N. A., Hermawati, T., Mardiyanto, D., Slamet, G., 442, A. número, Kusniadji, S., Tarumanagara, U., Hamzah, R. E., Manogari, R. R., Shabrina, R. P., Afrilia, A. M., Waworuntu, M. imanuela G., Mingkid, E., & Himpong, M. D. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Esspecto Coffee Tondano Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Acta Diurna Komunikasi, 1(1), 1–8. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/1471-2458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P
Riadhus Sholihin. (2019). Digital Marketing di Era 4.0. Quadrant.
Sadevia, N. N., Artika, I. B. E., & Satriawan. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Brand Image Dan Influencer Marketing Pada Keputusan Pembelian Scarlett Whitening Di Shopee. KredibeL Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 51–59.
Suryadi, Edi. (2018). Strategi Komunikasi: Sebuah Analisis Teori, dan Praktis di Era Global. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syah, R., & Rasmini, M. (2023). Memanfaatkan Akuisisi Key Opinion Leader (KOL) untuk Meningkatkan Efektivitas Program Lazaffiliate di Lazada: Tinjauan dalam Konteks Pasar Online Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(21), 684–694. https://doi.org/10.5281/zenodo.10086966
Syukur, M., & Salsabila, S. (2022). Influencer Impact; Solusi Produsen Dalam Mempromosikan Produk. Jurnal Istiqro, 8(2), 129–140. https://doi.org/10.30739/istiqro.v8i2.1502
Theasianparent. (2023). 10 Beauty Influencer Unik, dari yang Pakai Logat Jawa sampai yang Eksis di Luar Negeri!. Bacaan 7 Menit. https://id.theasianparent.com/beauty-influencer-indonesia
Wayan Umbara, F. (2021). User Generated Content di Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Bisnis. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 4(2), 572–581. https://doi.org/10.36407/jmsab.v4i2.366
Yustiawan, S. T., & Lestari, B. (2023). Pengaruh influencer media sosial terhadap minat beli konsumen piscocol di Kota Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(2), 160–168.