Isi Artikel Utama

Abstrak

Indonesia telah memasuki babak digitalisasi yang masif. Marketplace sebagai platform untuk mempertemukan penjual dan pembeli semakin dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Berbagai layanan marketplace berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dari layanan, harga, dan kemanan. Pengembangan ini diikuti dengan peran media sosial yang tidak lagi menjaring hubungan saja, melainkan menjadi tempat untuk melakukan pemasaran dan branding. Salah satu konten yang paling tinggi saat ini yakni dengan melakukan live streaming. Pengelolaan informasi dan akses yang begitu cepat dan mudah memberikan kesempatan kepada siapapun untuk melakukan live streaming ini. Perilaku live streaming menjadi strategi media sosial yang memiliki dampak sangat luas pada minat masyarakat akan barang dan jasa yang ditawarkan. Hal ini tentu berdampak pada produktivitasnya dan meningkatkan pendapatannya itu secara domino. Ditambah Indonesia yang kini sedang mengkampanyekan Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang digaungkan agar kita membeli produk lokal tersebut. Pemberdayaan ini akan menggairahkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang sempat terpuruk akibat pandemi lalu. Melalui live streaming ini diharapkan dapat membantu para UMKM untuk meningkatkan minat masyarakat, memperluas jaringan pemasaran produk, meningkatkan penjualan produk dengan kualitas yang baik, dan memiliki dampak untuk pemberdayaan ekonomi secara nasional.

Kata Kunci

Media Sosial Live Streaming Bangga Buatan Indonesia Marketplace UMKM

Rincian Artikel

References

  1. Agistiani, R., Rahmadani, A., Hutami, A. G., Kamil, M. T., Achmad, N. S., Rozak, R. W., & Mulyani, H. (2023). Live-streaming TikTok: Strategi mahasiswa cerdas untuk meningkatkan pendapatan di era digitalisasi. Journal of Management and Digital Business, 3(1), 1-19.
  2. Annur, C. M. (2022). Databoks Katadata. Dipetik 06 20, 2023, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/20/ini-deretan-produk-yang-paling-banyak-dibeli-dari-belanja-online-di-live-streaming
  3. Arifianto, P. F. (2021). IMPLEMENTASI VISUAL GUIDELINES KAMPANYE GERNAS BBI 2021 (GERAKAN NASIONAL BANGGA BUATAN INDONESIA) DALAM MENDUKUNG DAYA BELI PRODUK UMKM PADA E-COMMERCE. Skripsi, 317-323.
  4. Arlena S, S. (2023). Mengungkap Perilaku Stickiness Konsumen Melalui Trust Transfer di Live streaming: Sebuah Perspektif Social- Technical di Social Commerce. Skripsi, 1-28.
  5. Awwaabiin, Salmaa;. (2022, August 15). Giveaway: Strategi Marketing Kekinian Buat Memikat Pelanggan. niagahoster.
  6. F Fairuz. (2020). ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL ATAS SISTEM DAN PROSEDUR PENGGAJIAN DALAM USAHA MENDUKUNG EFISIENSI BIAYA TENAGA KERJA PADA PT PANCARAN SAMUDERA TRANSPORT, JAKARTA. Skripsi, 31-38.
  7. F. S., & S. F. (2023). ANALISIS PERKEMBANGAN BISNIS SKINCARE DENGAN MENGGUNAKAN LIVE STREAMING TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSID. Skripsi, 1-12.
  8. Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). TREN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SELAMA PANDEMI DI INDONESIA . Jurnal Professional FIS UNIVED, 7, 13-23.
  9. I. R., L. S., & L. M. (2023). PENGARUH LIVE STREAMING SELLING, REVIEW PRODUCT, DAN DISCOUNT TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA E-COMMERCE "SHOPEE". Jurnal Riset Entrepreneurship, 1-14.
  10. K. K. (2020). MODEL ALUR KOMUNIKASI AISAS. Skripsi, 1-9.
  11. M. K. (2017). AISAS MODEL DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN. Skripsi, 1-114.
  12. M. Nazir. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
  13. Oliver, Andre. (2022, March 5). 9 Ide Konten Live Steaming yang Dapat Dimanfaatkan Oleh Marketer. Glints.
  14. Rahayu, K. G. (2022). Implementasi Upaya Pemerintah dalam Peningkatan UMKM di Masa Pandemi. Skripsi , 2.2, 1091-1097.
  15. Saputro, I. B. (2019). PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA KONSUMEN RITEL MINIMARKET KOTA YOGYAKARTA. JURNAL ILMU MANAJEMEN, 1-13.
  16. Sari, A. A., & Habib, M. A. (2023). Strategi Pemasaran Menggunakan Fitur Shopee Live Steaming Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Daya Tarik Konsumen (Studi Kasus Thrift Shop di Kabupaten Tulungagung). Sripsi, 41-58.
  17. Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SHOPEE DALAM MEMBANGUN POSITIONING DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA. LINIMASA: JURNAL ILMU KOMUNIKASI, 3(2), 16-29.
  18. Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SHOPEE DALAM MEMBANGUN POSITIONINGDI TENGAH PANDEMI COVID-19. JURNAL ILMU KOMUNIKASI , 2, 16-29.
  19. Suwendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan (1st ed.). Bali: NilaCakra .
  20. Yakob, F., & Juniati, R. K. (2022). Analisa AISAS dalam Pemasaran Digital. Connected: Jurnal Ilmu Komunikasi, 38-46.