KETERTARIKAN PENGGUNA MEDIA SOSIAL TERHADAP KONTEN VISUAL DI INSTAGRAM @himakom.uki

Isi Artikel Utama

Trianna Sampe Litha
Altisya Kreshan

Abstrak

Keberagaman konten visual yang ada di media sosial Instagram memicu pengguna untuk melihat dan mengakses berulang kali unggahan di media sosial yang dituju. Hal ini berupa ketertarikan yang menimbulkan respon yang diproses terlebih dahulu melalui stimulus. Dalam hal ini berupa konten visual yang ada di media sosial Instagram @himakom.uki. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dari informan yang ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu dan menganalisis ketertarikan pengguna terhadap konten visual di Instagram. Dengan menggunakan teknik analisis yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, maka diperoleh hasil penelitian bahwa konten visual yang bervariasi cenderung lebih menarik perhatian pengguna Instagram untuk terus menerus mencari informasi. Hal ini sejalan dengan Stimulus, Organism dan Respons (SOR). Di mana Stimulus berupa pesan, Organism berupa pengguna Instagram dan respon berupa perilaku untuk melihat terus menerus konten visual yang diunggah di media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

Rincian Artikel

Bagian

Articles

Cara Mengutip

KETERTARIKAN PENGGUNA MEDIA SOSIAL TERHADAP KONTEN VISUAL DI INSTAGRAM @himakom.uki . (2024). Kinesik, 11(1), 103-113. https://doi.org/10.22487/ejk.v11i1.1266

Referensi

Abidin, M. (2022). URGENSI KOMUNIKASI MODEL STIMULUS ORGANISM RESPONSE (S-O-R) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN. Komunikasi Dan Bahasa, 3(1), 52.

Aditya, D., Antoni, C., Teknik Informatika, J., & Negeri Batam, P. (2021). PERBANDINGAN DAYA TARIK PEMBACA TERHADAP KONTEN INFOGRAFIS BATAM POS VERSI CETAK DAN ONLINE. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa

Annur, C. M. (2023, November 28). Indonesia Jadi Negara dengan Pengguna Instagram Terbanyak ke-4 di Dunia. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/28/indonesia-jadi-negara-dengan-pengguna-Instagram-terbanyak-ke-4-di-dunia#:~:text=Menurut%20laporan%20We%20Are%20Social,Instagram%20terbanyak%20keempat%20di%20dunia

Ardianti, F., & Lubis, D. P. (2020). EFEKTIVITAS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DESA WISATA MALASARI, KECAMATAN NANGGUNG, KABUPATEN BOGOR The Effectiveness of Instagram as a Promotion Media of Malasari Tourism Village, Nanggung, Bogor District. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 4(6), 796–809. https://doi.org/10.29244/jskpm.v4i6.739

Fitriani, Y. (2021). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PENYAJIAN KONTEN EDUKASI ATAU PEMBELAJARAN DIGITAL. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(4), 1006–1013. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i4.609

Fitrina Irawan, E., Haswanto, N., Ratri, D., Desain, M., Rupa, S., & Desain, D. (2021). KAJIAN ELEMEN VISUAL PADA FOTO PROMOSI PRODUK FASHION LOKAL “COTTON INK” DI INSTAGRAM.

Haikal, Priskila, O., & Ningtyas, D. A. (2023). TINJAUAN ALUR KERJA TIM MEDIA SOSIAL INTRACS DALAM MENGIKUTI TREN BERTEMA ‘CORPORATELIFE’ DI PLATFORM TIKTOK. Nivedana: Jurnal Komunikasi Dan Bahasa, 4(2), 408. https://radenwijaya.ac.id/jurnal/index.php/NIVEDANA/article/view/1038/572

HIMAKOM UKI. (2023). Advoinfo.Digital. @himakom.uki. https://www.Instagram.com/p/C0IyFrVL-Q0/?utm_source=ig_web_copy_link&igsh=MzRlODBiNWFlZA== (Accessed Saturday 19 Apr. 24, 20.00 WIB)

Ningrum, F. K., & Syarah, M. M. (2018). INSTAGRAM DAN TWITTER SEBAGAI STRATEGI HUMAS PT JASA MARGA (PERSERO) TBK DALAMMENINGKATKAN PELAYANAN. Communication Science and Islamic Da’wah, 2(2), 4–5.

Pawitri. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERTARIKAN ANAK MENGIKUTI KEGIATAN SEKOLAH MINGGU BUDDHA DI SMB MAHABODDHICITTA SAMPETAN TAHUN 2022.

Pradita, L. R., & Kristanty, S. (2018). MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI PRESENTASI DIRI (Studi Kasus Pengguna Instagram di Jakarta. Pantarei, 2(2), 5–6.

Rafiq, A. (2020). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL SUATU MASYARAKAT. Global Komunika, 1(1), 19.

Saleh, S., Pd, S., & Pd, M. (2017). ANALISIS DATA KUALITATIF.

Setyaningsih, Y. (2023). Multimodalitas linguistis-visual dalam morfologi bahasa Indonesia: persepsi pemaduan dalam pengembangan desain pembelajaran. Diglosia: Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 6(4), 973.

Simin, S. (2021). Smartphone, Generasi Alpha, dan Pembelajaran Matematika: Suatu Kajian Literatur. Prosiding Seminar Nasional Penerapan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi : Kampus Merdeka Meningkatkan Kecerdasan Sumberdaya Manusia Melalui Interdispliner Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi : Pontianak, 24 Agustus 2021, 17–30. https://doi.org/10.26418/pipt.2021.46

Sujatmiko, A., & Setiawan, H. (2022). Efek Kualitas Pelayanan Terhadap Citra Gojek Pada Mahasiswa Universitas Islam Riau. CommunicationManagementand Organization, 1(1), 45.

Universitas Kristen Indonesia. (2021). HIMPUNAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI. Fisipol UKI. https://fisipol.uki.ac.id/page/index/himpunan-mahasiswa-ilmu-komunikasi-2022040410

Vilianus, J., & Matusin, I. O. (2023). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, BRAND AWARENESS, BRAND ENGAGEMENT TERHADAPPURCHASE INTENTION. Ekonomi Trisakti, 3(1), 1767.

Yonatan, A. Z. (2023, May 29). Pengguna Instagram Berdasarkan Rentang Usia 2023. Goodstats. https://data.goodstats.id/statistic/agneszefanyayonatan/pengguna-Instagram-berdasarkan-rentang-usia-2023-MEdzz

Zulkarnain, I., & Pinasti, I. S. (2017). KETERTARIKAN REMAJA TERHADAP KOMUNITAS PUNK DI KOTA MAGELANG. Pendidikan Sosiologi, 6(4).