Main Article Content

Abstract

Penelitian ingin dilaksanakan untuk menjelaskan efektivitas kebijakan lalu lintas sistem satu arah di Kota Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan teknik analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Hubberman berdasarkan pada indikator pada teori Duncan. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa kebijakan lalu lintas sistem satu arah efektif diaplikasikan di Kota Palu dilihat dari meningkatnya kualitas jasa jalan dan lalu lintas. Berdasarkan pada legalitas yang ada, kebijakan ini memberi dampak positif yang lebih besar dibandingkan dengan dampak negatifnya, dimana dengan kebijakan ini kemacetan dapat dikurangi, perkembangan jumlah kendaraan dapat diantisipasi, dan menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas. Efektivitas dari sistem satu arah ini dapat dilihat dari pola integrase kebijakan ini di Kota Palu, dimulai dari proses sosialisasi melalui media massa cetak (koran harian) dan media elektronik (radio dan TV melalui siaran TVRI), sosialisasi langsung di lapangan dengan kerjasama TNI, POLRI, Dinas Perhubungan dan Satpol PP, serta stakeholders dari pusat, daerah dan kota. Adaptasi kebijakan sistem satu arah ini juga dibangun bersama melalui partisipasi masyarakat.

Keywords

Sistem Satu Arah Adaptasi Kebijakan Integrasi

Article Details

Author Biography

Subhan Haris, Universitas Tadulako, Indonesia

Program Studi Administrasi Publik, Pascasarjana Universitas Tadulako

How to Cite
Haris, S. (2019). EFEKTIVITAS KEBIJAKAN MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS SISTEM SATU ARAH DI KOTA PALU . Kinesik, 6(3), 352-356. https://doi.org/10.22487/ejk.v6i3.93