Representasi Stereotip Gender dan Budaya Patriarki dalam Iklan MR.DIY Indonesia Bulan Ramadan Tahun 2024 di YouTube

Isi Artikel Utama

Renata Julianty Hartono
Prayogi Restu Adiguno
Nada Nadiah Aulia
Fajar Junaedi

Abstrak

Iklan digital kerap menjadi media reproduksi stereotip gender dan relasi kuasa patriarki yang tersembunyi. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi representasi stereotip gender dan budaya patriarki dalam iklan MR.DIY Indonesia versi "Urusan Berbenah Jadi Mudah" dan "Urusan Lebaran Jadi Mudah" melalui analisis semiotika. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kerangka teori orders of significant Roland Barthes, penelitian membedah mekanisme tersembunyi di balik konstruksi makna dalam kedua iklan tersebut. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa stereotip gender dan dominasi patriarki tidak lenyap, melainkan bertransformasi dalam bentuk representasi yang lebih halus dan tersamar. Iklan tidak sekadar menampilkan produk, tetapi menghadirkan narasi sosial yang melanggengkan hierarki gender tradisional.

Downloads

Download data is not yet available.

Rincian Artikel

Bagian

Articles

Biografi Penulis

Renata Julianty Hartono, , Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Prayogi Restu Adiguno, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Nada Nadiah Aulia, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Fajar Junaedi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Cara Mengutip

Representasi Stereotip Gender dan Budaya Patriarki dalam Iklan MR.DIY Indonesia Bulan Ramadan Tahun 2024 di YouTube. (2025). Kinesik, 12(2), 67-77. https://doi.org/10.22487/ejk.v12i2.1667

Referensi

Azrab, I. A., Saputra, M. F., & Putri, N. A. (2022). Stereotip Perempuan pada Iklan Kecap ABC Versi Tiada Kecap Seenak Kecap ABC. Borobudur Communication Review. https://doi.org/https://doi.org/10.31603/bcrev.7032

Basit, L. (2022). Lensa Gender Di Media Massa: Meta Analisis Politisi Perempuan (M. Arifin, Ed.). UMSU Press.

Bhola, M. (2021). Review on Depiction of “Empowered” Women: A Feministic Analysis of Selected Indian Television Advertisements. Citation: Media Journal, 19, 39.

Blackwell, W. (2010). A Dictionary of Cultural and Critical Theory Second Edition.

Butler, J. (2006). Gender Trouble. Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9780203824979

Chandler, D. (2022). Semiotics the Basics, Second Edition.

Christopher, E. (2024). ‘It’s a Man’s Job’: Doing Gender and Male Gatekeeping in the Division of Household Labor. Journal of Family Issues. https://doi.org/10.1177/0192513X231224109

Del Barrio, M. Y. F. (2023). The representation of women in Japanese television advertising. A content analysis of female roles and stereotypes. Doxa Comunicacion, 2023(36), 183–209. https://doi.org/10.31921/doxacom.n36a1731

Goffman, E. (1976). Gender Advertisements. Harper and Row.

Hall, S. (1977). Representation: Cultural Representations and Signifying Practices. SAGE Publications.

Karya, D., Kusumastuti, S. Y., Kabul, E. R., Mantong, J., & Sjukun. (2024). Metodologi Penelitian Kualitatif. Takaza Innovatix Labs.

Kasemin, K. (2016). Paradigma Teori Komunikasi dan Paradigma Penelitian Komunikasi. Media Nusa Creative.

López-López, C., & López-Villar, C. (2024). Gender Representations In Fitness Advertising By The #IWorkOutAtHome Community. VISUAL Review. International Visual Culture Review / Revista Internacional de Cultura, 16(5 Spesial Issue), 81–100. https://doi.org/10.62161/revvisual.v16.5218

MR.DIY Indonesia, 2024, Urusan Berbenah Jadi Mudah, YouTube, https://www.youtube.com/watch?v=CHQHplwxPyo .

MR.DIY Indonesia, 2024, Urusan Lebaran Jadi Mudah, YouTube, https://www.youtube.com/watch?v=GuFe7bNttrE .

Nur Rahmawati, L., & Nanda, E. (2024). Jurnal Komunikasi Nusantara Representasi Peran Domestik Ibu dalam Iklan Dancow Bundaku Beda, Tapi #CintaBundaSempurna. https://doi.org/10.33366/jkn.v%vi%i.479

Pambudi, F. B. S. (2023). Buku Ajar Semiotika (1st ed.). UNISNU Press.

Pratama, G., & Setiawati, A. (2020). Eksploitasi Perempuan dalam Iklan Media Massa. In Jurnal Rekayasa Teknologi Nusa Putra (Vol. 6, Issue 2).

Raslie, H., & Zaidi, A. N. M. (2022). Female Representation in Online Advertisements: A Feminist Stylistic Analysis of Beauty Products Advertised on Instagram. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 38(4), 374–396. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2022-3804-21

Setiawati, T. (2020). Representasi Budaya Patriarki dalam Film Istri Orang. Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi , 07.

Sidiq Mustof, N., Maemunah, S., & Kustanto, L. (2019). Analisis Makna Tanda Pada Film Kartini : Resistensi Perempuan Jawa Terhadap Budaya Patriarki (Vol. 2).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sun, Z. (2024). Exploring Gender Stereotype Perceptions: An Eye-Tracking Study on Household Product Commercials. Dean and Francis, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.61173/ebxa6130

Tommi, T., Saidi, A. I., Chonmaitree, T., Abdul Razak, M. R., & Murwonugroho, W. (2022). Humanization of Logo as a Representation of Social Values in Halodoc. JSW (Jurnal Sosiologi Walisongo), 6(1), 43–58. https://doi.org/10.21580/jsw.2022.6.1.9520

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama