ANALISIS MAKNA DALAM VIDEO IKLAN ILM PENCEGAHAN STUNTING 60 DETIK PADA YOUTUBE KEMENTERIAN KESEHATAN RI

Isi Artikel Utama

Nadia Itona Siregar

Abstrak

Stunting adalah permasalaha global yang hingga saat ini masih terus terjadi. Sejak tahun 2012 sampai tahun 2022 presentase anak dibawah 5 tahun yang terkena stunting di Indonesia masih dalam kategori tinggi. Masyarakat Indonesia sebagian besar belum memahami dengan baik istilah stunting sehingga diperlukannya edukasi kepada masyaraka. Iklan layanan masyarakat merupakan salah satu langkah dalam mengedukasi masyarakat secara massif. Salah satunya iklan layanan masyarakat yang dibuat oleh akun YouTube Kementerian Kesehatan RI yang berjudul ILM Pencegahan Stunting 60 Detik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui makna yang muncul pada iklan layanan masyarakat melalui channel YouTube Iklan Layanan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI dengan judul ILM Pencegahan Stunting 60 Detik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi massa dan analisis semiotika Roland Barthes. Metode penelitian yang digunakan adalah metode semiotika Roland Barthers. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna yang ada pada iklan layanan masyarakat ILM Pencegahan Stunting 60 Detik berkaitan dengan peran dan partisipasi seorang ayah dalam pendampingan ibu hamil serta pola asuh anak, dimana untuk mencegah stunting pada bayi dan anak diperlukannya kerja sama antara ayah dan ibu. Lebih lanjut, dalam video tersebut juga mencoba memberikan edukasi kepada masyarakat terkait mitos-mitos yang masih beredar di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Rincian Artikel

Bagian

Articles

Cara Mengutip

ANALISIS MAKNA DALAM VIDEO IKLAN ILM PENCEGAHAN STUNTING 60 DETIK PADA YOUTUBE KEMENTERIAN KESEHATAN RI. (2023). Kinesik, 10(2), 271-284. https://doi.org/10.22487/ejk.v10i2.991