Pengaruh Terpaan “Desak Anies”, Political Branding dan Kredibilitas Anies Terhadap Minat Memilih Warga Jakarta
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh terpaan tayangan YouTube “Desak Anies”, political branding, dan kredibilitas Anies Baswedan terhadap minat memilih warga DKI Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel terpaan tayangan, political branding, dan kredibilitas Anies Baswedan, secara signifikan mempengaruhi minat memilih warga DKI Jakarta. Pada variabel political branding, indikator "positioning" menunjukkan ketertarikan masyarakat terhadap personal branding Anies yang khas yang dalam program “Desak Anies” menciptakan interaksi langsung. Indikator yang paling tinggi dari variabel kredibilitas “daya tarik” menunjukkan bahwa Anies memiliki daya tarik pribadi yang tinggi dalam meningkatkan minat memilih masyarakat. Hasil penelitian menekankan pentingnya program komunikasi yang tepat dalam kampanye politik untuk membangun minat pemilih.
Downloads
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian
Cara Mengutip
Referensi
Abidin, Sholihul & Cindoswari, Ageng. (2019). POLITICAL BRANDING RIDWAN KAMIL PADA MASA KAMPANYE PILGUB JAWA BARAT 2018 MELALUI TWITTER. Commed: Jurnal Komunikasi dan Media. 4. 33. 10.33884/commed.v4i1.1439.
AniesBaswedan.com – Diakses 20 Desember 2023 https://aniesbaswedan.com/kenali-anies/
Chaerun N. Damayanti, Amri Dunan, & Karman. (2021). Pengaruh Terpaan Media dan Kredibilitas Tuan Rumah (Host) Terhadap Minat Politik Generasi Z. Komunika, 8(2), 79–86. https://doi.org/10.22236/komunika.v8i1.6473
Chairunisa, C. M. (2017). Political branding Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Melalui New Media.
CNN Indonesia – Diakses pada 20 Desember 2023 https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230701162049-617-968361/jumlah-pemilih-pemilu-2024-jakarta-82-juta-jaktim-terbanyak
Darmadi. 2017. Pengembangan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.
Dashti, A. A., Al-Kandari, A. A., Almutairi, T. M., Altourah, A. F., & Jamal, A. (2024b). The Political branding of a Powerless Nation: A Historical Account of the Branding of Kuwait During the Reign of Sheikh Abdullah Al-Salem (1950–1965). Journal of Communication Inquiry, 48(1), 150–177. https://doi.org/10.1177/01968599221133899
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haroen, Dewi. 2014. Personal Branding. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Humaizi. 2018. Uses and Gratifications Theory. Medan: USU Press.
Jennings, Freddie, Suzuki, Valeria & Hubbard, Alexis. (2020). Social Media and Democracy: Fostering Political Deliberation and Participation. Western Journal of Communication. 85. 1-21. 10.1080/10570314.2020.1728369.
Khang, H., Ki, E., & Ye, L. (2012). Social Media research in advertising, aommunication, marketing and public relations, 1997-2010. Retrived May 5, 2013, from http://jmq.sagepub.com/content/89/2/279
Kompas.com – Diakses 14 Desember 2023 https://megapolitan.kompas.com/read/2022/10/21/16140951/survei-populi-center-835-persen-warga-jakarta-puas-dengan-kinerja-anies
Kpu.go.id – Diakses pada 20 Desember 2023 https://www.kpu.go.id/berita/baca/11702/dpt-pemilu-2024-nasional-2048-juta-pemilih#:~:text=Provinsi%20DKI%20Jakarta%208.252.897,Tenggara%20Barat%203.918.291%20pemilih%2C
Laaksonen, S. M., Pantti, M., & Titley, G. (2020). Broadcasting the movement and branding political microcelebrities: Finnish anti-immigration video practices on YouTube. Journal of Communication, 70(2), 171–194. https://doi.org/10.1093/JOC/JQZ051
Liputan6.com – Diakses pada 6 Februari 2024 https://www.liputan6.com/citizen6/read/5099333/14-prestasi-anies-baswedan-selama 5-tahun-jadi-gubernur-dki-jakarta
Lister, Martin. (2009). New Media: A Critical Introduction. London & New York: Routledge
Luoma-aho, V., & Karvonen, L. (2016). Political brand personality: Candidate personality effects on voter preferences. European Journal of Marketing, 50(1-2), 172-189.
McNair, Brian. (2010). An Introduction to Political Communication (Fifth Edition). Routledge. London.
Media Indonesia.com – Diakses 10 Februari 2024 https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/650348/survei-elektabilitas-Anies Baswedan-cak-imin-di-dki-jakarta-mencapai-581-persen
Mulyani, R. (2021). Political branding Tsamara Amany Alatas Selama Masa Kampanye Pemilu Legislatif 2019 di Media Sosial. LUGAS Jurnal Komunikasi, 5(1), 21–30. https://doi.org/10.31334/lugas.v5i1.1554
Pich, C., & Dean, D. (2015). Political branding: sense of identity or identity crisis? An investigation of the transfer potential of the brand identity prism to the UK Conservative Party. Journal of Marketing Management, 31(11–12), 1353–1378. https://doi.org/10.1080/0267257X.2015.1018307
Prayoga P, Dwininda K, (2021), “Pengaruh Kredibilitas Pustakawan terhadap Kepuasan Pemustaka di Perpustakaan Universitas Amikom Purwokerto”, Jurnal Berkala Ilmu Perpustakan dan Informasi 17, no. 2 hlm 210 diakses pada 15 Februari 2022.
Rakhmat, Jalaludin. (2015). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryawati, I. (2021). Political branding of Indonesian Governor in the Social Media. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 23–38. https://doi.org/10.35326/medialog.v4i2.1334
Triandra, D., & Imran, A. I. (2017). Pengaruh Terpaan Fitur Line Today Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Bandung. ISSN: 2355-9357 e-Proceeding of Management, 4(2), 1970– 1977
Wring, D. (2017). Political communication: A new introduction for crisis times. Routledge.