Pengaruh Politik Identitas dalam Sosial Media di Tengah Pelaksanaan Pemilu
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penggunaan politik identitas masih sering dijumpai dalam ranah media sosial, dimana akan berpengaruh negatif terhadap kondisi sosial masyarakat, khususnya generasi milenial. Sehingga Jalannya pemilu pada tahun 2024 tidak berlangsung dengan demokratis. Politik identitas merupakan perwujudan dari kelirunya political marketing activity. Permasalahan yang kerap hadir di tengah pemilu adalah kekerasan/diskriminatif yang dilatar belakangi disintegrasi sosial akibat adalanya politik identitas. Tujuan penelitian ini adalah agar akibat dari eksploitasi politik identitas melalui media sosial, seperti sentimen keagamaan, primordialisme, fanatisme, sikap superior, dan lain-lain dapat dicegah/diantisipasi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis empiris dengan pendekatan knowledge approach. Teknik pengumpulan data di dalam penulisan makalah ini adalah dengan metode tinjauan pustaka. Teknik analisis data secara kualitatif
Downloads
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian
Cara Mengutip
Referensi
Sardini, Nur Hidayat. (2011). Restorasi Penyelenggaraan Pemilu di Indonesia.Fajar Media Press. Yogyakarta.
Tainter, Joseph A.. (1990). The Collapse of Complex Societies. Cambridge University Press. London.
Ali, Hasanuddin & Lilik Purwandi. (2017). Milenial Nusantara. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Clarke, Ronald V.. (1997). Situational Crime Prevention: Successful Case Studies. 2ndEdition. Criminal Justice Public Relation. New York.
Emirzon, Joni. (2007). Prinsip-prinsip Good Corporate Governance: Paradigma Baru dalam Praktik Bisnis Indonesia. Cetakan Pertama. Genta Press. Yogyakarta.
Hall, Stuart & Paul du Gay. (1996). Questions of Cultural Identity. 1stEdition. Sage Publications Ltd.. Thousand Oaks.
Suharto. (2005). Eksploitasi terhadap Anak dan Wanita. CV. Intermedia. Jakarta.
Maarif, Ahmad Syafii. (2012). Politik Identitas dan Masa Depan Pluralisme Kita. Democracy Project. Jakarta.
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldaña. (2013). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd Edition. SAGE Publications Inc. Thousand Oaks.