Disiplin Kerja Dalam Kinerja Guru Di Smp Negeri 14 Palu
DOI:
https://doi.org/10.5281/jps.v2i2.1997Kata Kunci:
Disiplin Kerja, Kinerja Guru, SekolahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana disiplin kerja dan kinerja guru di SMP Negeri 14 Palu. Dasar penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini tergolong tipe penelitian bersifat kualitatif deskriptif karena penelitian ini memberikan gambaran tentang hasil penelitian dengan mendeskripsikan data aktual yang diperoleh di lapangan. Penelitian ini akan mendeskripsikan mengenai Disiplin Kerja dan Kinerja Guru. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa bahwa disiplin kerja guru merupakan faktor penting yang memengaruhi kinerja mereka dalam menjalankan tugas sebagai pendidik. Disiplin kerja dipahami sebagai bentuk tanggung jawab, kesadaran, dan komitmen terhadap peraturan, waktu, serta tugas-tugas profesional, yang tercermin dalam ketepatan waktu kehadiran, kepatuhan terhadap aturan sekolah, penyelesaian perangkat ajar, serta keterlibatan dalam kegiatan sekolah. Disiplin kerja yang tinggi juga berdampak positif terhadap kualitas pembelajaran, hubungan dengan siswa, serta kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan sekolah. Meskipun terdapat hambatan seperti beban administrasi yang tinggi dan keterbatasan sistem pendukung, guru tetap berupaya menjaga kedisiplinan melalui kesadaran pribadi dan dukungan budaya organisasi yang kuat. Oleh karena itu, disiplin kerja guru tidak hanya dipengaruhi oleh faktor internal, tetapi juga sangat bergantung pada kepemimpinan, manajemen sekolah, dan efisiensi sistem kerja yang mendukung terciptanya kinerja guru yang optimal.