GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI 4 BAMBA DI KELURAHAN PANAU KECAMATAN TAWAELI KOTA PALU

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.5281/jps.v1i3.1561

Kata Kunci:

Kepala Sekolah, Instruksi, Konsultasi, Partisipasi, Delegasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah SD Negeri 4 Bamba. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif, yang memberikan gambaran tentang fenomena atau faktor permasalahan yang diteliti sesuai fakta yang ada. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara informan secara mendalam dan dokumentasi untuk mengumpulkan data informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang . Teori yang digunakan adalah teori Harsey dan Blanchard dalam Wahyudi, dimana ada empat aspek yang digunakan ialah Instruksi, Konsultasi, Partisipasi, dan Delegasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri 4 Bamba Kelurahan Panau Kecamatan Tawaeli Kota Palu belum dikatakan efektif, dikarenakan hambatan yang dihadapi yaitu pengarahan terhadap pelaksanaan tugas dalam proses belajar mengajar, pemberian dorongan atau motivasi kepada bawahan, penyusunan keputusan bersama-sama dengan bawahan, serta pendelegasian pelaksanaan tugas yang kurang efektif sehingga mempengaruhi kinerja guru.

Diterbitkan

2024-09-01

Cara Mengutip

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI 4 BAMBA DI KELURAHAN PANAU KECAMATAN TAWAELI KOTA PALU. (2024). JPS: Journal of Publicness Studies, 1(3), 81-88. https://doi.org/10.5281/jps.v1i3.1561