Main Article Content

Abstract

Perkembangan tekhnologi informasi dan komunikasi menuntut pemerintah untuk membuka akses informasi yang komprehensif kepada Masyarakat dan memberdayakan Masyarakat melalui media dan teknologi yang inovatif. Pemanfaatan Instagram oleh Wali Kota Palu merupakan salah satu Upaya untuk mendongkrak perwujudan open government di Kota Palu. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji bentuk dan Upaya yang dilakukan oleh Hadianto Rasyid sebagai Wali Kota Palu melalui media sosial Instagram dalam mewujudkan Open Government di Kota Palu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pemilihan informan berdasarkan Teknik Purposive yang kemudian mengklasifikasikan informan berdasarkan karakteristik yang sesuai dengan tujuan penelitian. Infoman dalam penelitian ini adalah Wali Kota Palu, Pegawai Humas Dikominfo Kota Palu, dan Masyarakat yang menjadi follower dari akun instgram Wali Kota Palu. konsep open government Indonesia (OGI) yang mengendepankan tiga aspek yaitu, transparansi, partisipasi dan inovasi digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa instagram dimanfaatkan secara inovatif oleh Wali Kota Palu sebagai media penyebaran informasi yang transparan yang terfokus pada informasi kebijakan, pembangunan infrastruktur, dan kegiatan-kegiatan umum pemerintahan melaui konten yang menarik namun tidak digunakan secara optimal  sebagai sarana untuk mendorong partisipasi masyarakat

Keywords

Pemerintahan Terbuka Media Sosial Inovasi

Article Details

References

  1. AE, P., Usman., H., Wilson., O., & Zely, A. (2014). Media Sosial Alat Gerakan. Sipil. Public Virtue Inntitute
  2. Atmoko, D. B. (2012). Instagram Handbook Rajawali
  3. Junaedi, F. (2011). Komun.ikasi 2:0 Teoritisasi dan Implikasi Aspikom.
  4. Miles, Huberman., & Saldan.a. (2014). Qualitative Data An.alysis A Methods (Sourcebook Edition. 3). Sage Publication.
  5. Mulyan.to, A. (2021). Pemban.gun.an. Portal Open. Data un.tuk Men.dukun.g Open. Govern.men.t dan. Smart City (Studi Kasus: Pemerin.tah Daerah Kota Goron.talo. Pen.elitian. Terapan., 1. https://repository.un.g.ac.id/riset/show/1/4764/pemban.gun.an.-portal-open.-data-un.tuk-men.dukun.g-open.-govern.men.t-dan.-smart-city-studi-kasus-pemerin.tah-daerah-kota-goron.talo.html.
  6. Presiden. Republik In.don.esia. (2018). Peraturan. Presiden. RI N.omor 95 Tahun. 2018 Sistem Pemerin.tahan. Berbasis Elektron.ik (SPBE).
  7. Sedarmayan.ti. (2008). Admin.istrasi Pemerin.tahan. Daerah. PT. Remaja Rosdakarya.