STRATEGI KOMUNIKASI PENGELOLAAN RADIO KARYSMA FM DALAM MEMPERTAHANKAN KONSISTENSI DAN EKSISTENSI DI ERA DIGITAL
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa strategi pengelolaan Radio Karysma FM dalam upaya mempertahankan konsistensi dan eksistensi di era digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa strategi komunikasi dilakukan dengan penggunaan Logat Bahasa Daerah (Logat Bahasa Jawa) pada saat siaran untuk menarik perhatian para pendengar dan juga melalui pendekatan manajemen POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling). Planning (Perencanaan) dimulai dengan menentukan segmentasi pendengar kemudian penyusunan program siaran. Organizing (Pengorganisasian) dengan membentuk Divisi-Divisi sesuai tujuan perusahaan serta menempatkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkompeten di bidangnya. Actuating (Penggerakan) dilakukan perusahaan dengan memberikan apresiasi kinerja berupa reward dan juga menciptakan lingkungan kerja dengan suasana kekeluargaan yang berpengaruh besar terhadap loyalitas karyawan. Controlling (Pengawasan) dilakukan untuk mengawasi program siaran secara internal dan eksternal oleh KPI (Komisi Penyiaran Indonesia). Upaya lain yang dilakukan oleh Radio Karysma FM adalah mengadopsi teknologi seperti Aplikasi Streaming serta penggunaan Sosial Media sebagai bagian dari adaptasi di era digital.