Hambatan Komunikasi dalam Upaya Pemasaran Hasil Budidaya Bioflok di Desa Lero Tatari
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan hambatan komunikasi dalam upaya pemasaran hasil budidaya bioflok di Desa Lero Tatari Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala. Jenis penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan Teori yang digunakan Wursanto (2005). Hasil penelitian menunjukkan hambatan komunikasi dapat dilihat dari beberapa jenis. Hambatan teknis yaitu peralatan berkomunikasi berupa handphone dipengaruhi oleh jaringan yang kurang baik dan jarak yang cukup jauh. Hambatan semantik dipengaruhi oleh perbedaan bahasa. Hambatan perilaku dimana perilaku komunikator tidak merespon pesan yang disampaikan oleh komunikan sehingga komunikasi mengalami hambatan saat pemasaran berlangsung serta sikap komunikator yang belum dapat mengendalikan emosi saat proses pemasaran yaitu pengantaran hasil budidaya yang cukup jauh mengakibatkan menurunnya kualitas ikan sehingga terjadi kesalahapahaman dengan konsumen yang mengakibatkan terjadinya hambatan komunikasi.
Downloads
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian
Cara Mengutip
Referensi
Agus M. Hardjana. (2003). Komunikasi intrapersonal & Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Agus, Hermawan. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Ansari, N.R. dan Gunarto. (2012). Pengaruh Penumbuhan Bioflok pada Budidaya ikan Pola Intensif di Tambak. Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Air Payau Maros. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan 4(2).
Ariyanto. (2020). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: PT. DIVA Press.
Asmajasari & Magdalena (1997). Periklanan Dalam Perspektif Komunikasi Pemasaran. Malang: UMM Press.
Assuari, S. 2005. Manajement Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Jakarta Rajawali.
Bambang D. Prasetyo, dkk. (2018). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Malang: PT. UB Press.
Basu, Swastha, & Irawan, (2001), Manajemen Pemasaran Modern, Liberty. Yogyakarta.
Bonaraja, Purba, dkk. (2020). Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar. PT Yayasan Kita Menulis.
Cangara. (2007). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Cangara. (2008). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Devito, Joseph. A. (2009). The Interpersonal Communication Book. Boston: Pearson
Effendy, Onong Uchjana. (2011). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya
Fajar, Marhaeni. (2003). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Fajar, Marhaeni. (2009). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Fandy Tjiptono. (1997). Strategi Pemasaran., Edisi Pertama. Cetakan Ke Pertama. Andy.
Firmansyah. (2020). Komunikasi Pemasaran. Penerbit Qiara Media.
Gusrina. (2020). Budidaya Ikan Sistem Bioflok. Yogyakarta: PT. DEEPUBLISH, CV Budi Utama.
John E. Kennedy dan R. Dermawan Soemanagara. (2006). Marketing communication: taktik dan strategi. Bandung: Bhuana Ilmu Populer
Kotler, Philip & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Eirlangga.
Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.
Milyane Melia Tita, dkk. (2022). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Mulyana, Deddy. (2012). Ilmu Komunkasi Suatu Pengantar. Bandung;PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. (2015). Ilmu komunikasi: suatu pengantar. PT Remaja Rosdakarya.
Prasetyo, Bambang, Lina Miftahul Jana. (2008) Metode Penelitian Kuantitatif; Teori dan Aplikasi, Jakarta; PT Raja Grafindo Persada.
Priansa, Donni Juni. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.
Shimp, Terence A. (2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jilid I (edisi 5). Jakarta: Erlangga.
Soemanagara, R. (2016). Strategi Marketing Communication. Bandung: CV. Alfabeta.
Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Therence, A, S, (2003) Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jilid.I (edisi 5), Jakarta Erlangga.
Thoriq, Detara S Putera. (2019). Peran Komunikasi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Volume Penjualan Bisnis Rumah Residensial di Kusuma Pesanggrahan Batu Jawa Timur. Skripsi: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Walgito, I. (2009). Psikology Sosial Suatu Pengantar. Yogyakarta Andi.
Wursanto. (2005), Etika Komunikasi, Yogyakarta: Penerbit Kanisius.