Fanatisme dan Fan War Penggemar Kpop di Media Sosial Tiktok

Isi Artikel Utama

Rahmitha Fitri Ariyani
Rizky Wulan Ramadhani
Widiastiana Vista Wijaya
Cholidah Astri Pertiwi

Abstrak

Kelompok penggemar Kpop dianggap memilki sikap fanatik. Fanatisme penggemar Kpop ditunjukkan melalui fandom war (fan war) yang dimaknai sebagai perselisihan antara dua atau lebih kelompok pengemar (fandom). Fan war dilakukan melalui berbagai media sosial termasuk Tiktok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fanatisme dan fan war penggemar Kpop di Tiktok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara kepada lima narasumber yang melakukan fan war di Tiktok yaitu PO, LY, NN, RF, dan RK. Peneliti juga melakukan observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Symbolic Interactionism Theory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fan war di Tiktok dilakukan dengan menuliskan komentar maupun membuat konten dengan simbol-simbol yang dipahami bersama antar anggota kelompok penggemar. Simbol-simbol ini menjadi identitas atau “self” yang melekat pada sebuah kelompok penggemar. Identitas ini menjadi kebanggaan sekaligus ejekan dari kelompok penggemar lainnya saat fan war. Kelompok penggemar di Tiktok didominasi oleh para remaja yang mudah terpancing emosi. Mereka tidak mengecek kembali kebenaran informasi akhirnya menyebarkan konten tersebut sehingga semakin banyak yang terlibat dalam fan war.

Downloads

Download data is not yet available.

Rincian Artikel

Bagian

Articles

Biografi Penulis

Rahmitha Fitri Ariyani, Universitas Gunadarma

Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Gunadarma, Depok, Indonesia

Rizky Wulan Ramadhani, Universitas Gunadarma

Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Gunadarma, Depok, Indonesia

Widiastiana Vista Wijaya, Universitas Gunadarma

Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Gunadarma, Depok, Indonesia

Cholidah Astri Pertiwi, Universitas Gunadarma

Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Gunadarma, Depok, Indonesia

Cara Mengutip

Fanatisme dan Fan War Penggemar Kpop di Media Sosial Tiktok. (2024). Kinesik, 11(3), 333-343. https://doi.org/10.22487/ejk.v11i3.1535

Referensi

Aksan, N., Kısac, B., Aydın, M., & Demirbuken, S. (2009). Symbolic interaction theory. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1(1), 902–904. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.160

Alifah, N. N. (2022, September 22). Indonesia Jadi Negara dengan Fans K-Pop Terbanyak di Dunia. Https://Goodstats.Id/. https://goodstats.id/article/indonesia-masuk-peringkat-pertama-dengan-fans-k-pop-terbanyak-di-dunia-6w71d

Amelia, C. P. (2022, May 20). Fanatisme Penggemar K-Pop di Media Sosial. Https://News.Detik.Com. https://news.detik.com/kolom/d-6086053/fanatisme-penggemar-k-pop-di-media-sosial

Angkawijaya, Y., & Kusumawati, Y. A. (2020). REPRESENTASI PEREMPUAN PADA POSTER TEASER ALBUM K-POP BLACKPINK DAN TWICE . Translitera: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 9(1), 1–8.

Arundati, N., Vania, A. A., & Arisanti, M. (2019). PERILAKU CELEBRITY WORSHIP PADA ANGGOTA FANDOM EXO DALAM KOMUNITAS EXO-L BANDUNG. Jurnal Komunikasi, 13(1), 53–72. https://doi.org/10.21107/ilkom.v13i1.5217

Ayunita, T. P., & Andriani, F. (2018). Fanatisme Remaja Perempuan Penggemar Musik K-pop. Konferensi Nasional Komunikasi, 676–685.

Carter, M. J., & Fuller, C. (2015). Symbolic interactionism. Sociopedia. https://doi.org/10.1177/205684601561

Citraningsih, D., & Noviandari, H. (2022). Interaksionisme Simbolik: Peran Kepemimpinan dalam Pengambilan Keputusan. Social Science Studies, 2(1), 072–086. https://doi.org/10.47153/sss21.3152022

CNN Indonesia. (2019). Bahaya di Balik Fenomena Candu K-Pop. Https://Www.Cnnindonesia.Com. https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20190202171900-227-365989/bahaya-di-balik-fenomena-candu-k-pop

Faradilla, N. D., & Purnamasari, D. (2023). Peran Aplikasi Tiktok dalam Mengedukasi Bahasa Isyarat Melalui Komunikasi Formal Informal dan Simbolik. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 81–97.

Griffin, E. (2018). A First Look at Communication Theory (10th Edition). McGraw-Hill.

Hastutik, R. N. (2022, October 21). Tahukah Kamu Berapa Banyak Penggemar Kpop di Seluruh Dunia pada 2022 Ini? Https://Www.Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/citizen6/read/5103592/tahukah-kamu-berapa-banyak-penggemar-kpop-di-seluruh-dunia-pada-2022-ini?page=2

Hidayat, M., Ahmadiyati, J. N., Sulistiyani, R., Vebryana, L. C., Azzahra, Y., Bobihu, N. A.-R., & Maknuna, L. (2022). KEBERAGAMAN PADA KELOMPOK PENGGEMAR K-POP DI INDONESIA. Abrahamic Religions: Jurnal Studi Agama-Agama, 2(2), 106. https://doi.org/10.22373/arj.v2i2.12194

Kriyantono, R. (2016). Teknik Praktis Riset Komunikasi (Edisi Pert). Kencana Prenada Media Group.

Mayasari, S., & Indraswari, C. (2018). Efektivitas Media Sosial Instagram Dalam Publikasi HUT Museum Nasional Indonesia (MNI) Kepada Masyarakat. Komunikasi: Jurnal Komunikasi, 9(2), 190–196.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Cakra Books.

Oloidi, A. J. (2020). THEORY OF SYMBOLIC INTERACTIONISM IN HERITAGE TOURISM: ASSUMPTIONS, CRITICISMS AND APPLICATIONS. Journal of Tourism and Heritage Studies, 9(2).

Pasinringi, T. (2021, May 25). Dari ‘Fanwar’ hingga ‘Bullying’, Kenali 6 Ciri ‘Fandom’ K-pop ‘Toxic.’ Https://Magdalene.Co. https://magdalene.co/story/ciri-fandom-toxic/

Qurniati, R., & Permata Sari, R. (2021). Penggemar Nike Ardilla, antara Fanatisme dan Eksistensi Diri. Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik, 1(2). https://doi.org/10.20885/cantrik.vol1.iss2.art6

Retnasary, M., & Fitriawaty, D. (2022). Analisis Akun TikTok@ Iramira Sebagai Media Pembelajaran Edukasi. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 01–11.

Ri’aeni, I. (2019). Pengaruh Budaya Korea (K-Pop) terhadap Remaja di Kota Cirebon. Communications, 1(1), 1–25.

Rinata, A. R., & Dewi, S. I. (2019). FANATISME PENGGEMAR KPOP DALAM BERMEDIA SOSIAL DI INSTAGRAM. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 13. https://doi.org/10.14710/interaksi.8.2.13-21

Rusdiansyah, R., & Fajarina, F. (2022). PERILAKU KOMUNIKASI PENGGEMAR KPOP (STUDI FENOMENOLOGI TENTANG PERILAKU KOMUNIKASI PENGGEMAR KPOP SEBAGAI AUDIENS VIDEO MUSIK GIRLBAND BLACKPINK DI KOMUNITAS BLINKEU). KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(02).

Silaban, A. P., Larasati, C. D., Mamahit, K. F., & Samosir, Y. A. (2024). Analisis Fanwar Fenomena Perang antar Penggemar K-Pop di Platform Twitter . ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(5), 36–45.

Yulianti, W. (2022). Fenomena Fanwar di kalangan Penggemar K-POP Pada Media Sosial Instagram. Jurnal PUBLIQUE, 3(1), 1–21.

Yumna, R., Alifah Sabila, & Aisyah Fadhilah. (2020). Aktivitas Fanatisme K-POP Di Media Sosial (Analisis Tekstual Pada Akun Twitter @WINGSFORX1). Syntax, 2(5), 106–115.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama