Penguatan Identitas dan Daya Tarik Wisata Bukit Waruwangi Melalui Rancangan Desain Maskot dan Logo Merchandise
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pariwisata merupakan salah satu sektor ekonomi yang memiliki potensi besar dalam meningkatkan pendapatan daerah dan nasional. Objek wisata Bukit Waruwangi yang berada di Kabupaten Serang Provinsi Banten memiliki potensi besar untuk menarik wisatawan baik domestik ataupun mancanegara yang berkontribusi langsung terhadap perekonomian melalui berbagai sektor seperti akomodasi, transportasi, dan kuliner. Oleh karenanya dalam persaingan industri pariwisata yang semakin ketat, diperlukan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan daya tarik dan visibilitas suatu objek wisata, melalui perancangan desain visual maskot sebagai penguatan identitas yang dapat di aplikasikan ke berbagai merchandise
Downloads
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian
Cara Mengutip
Referensi
Abdurrohman, A., Aditya, A., & Nurfitri, R. (2023). Perancangan Desain Maskot Kabupaten Situbondo Dengan Pendekatan Design Thinking. MAVIS : Jurnal Desain Komunikasi Visual, 5(01), 38–46. https://doi.org/10.32664/mavis.v5i01.757
Abi, Y. I., & Aprianti, D. (2022). The Influence of Merchandising, Basic Principles, and Services on Customer Satisfaction at a Hypermart Store Retail Business Company in Bengkulu City. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 269–277.
Alamsah, R., & Abidin, M. R. (2022). 151 Perancangan Maskot Untuk Mendukung Identitas Visual Objek Wisata Air Merambat Roro Kuning Bajulan Nganjuk. Barik, 3(2), 151–164.
Aliya, F., & Kartono, G. (2024). CENDIKIA PENDIDIKAN PERANCANGAN MASKOT SEBAGAI IDENTITAS VISUAL DALAM UPAYA MENDUKUNG BRAND IDENTITY DAN MENINGKATKAN BRAND AWARENESS UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. 3(8), 81–93.
Arifudin, D., Heryanti, L., & Pramesti, D. (2021). Pelatihan desain mockup dan logo sebagai branding produk untuk meningkatkan nilai jual bagi UMKM. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2640–2651.
Armayuda, E., & Praga Deva, R. (2020). METODE DESAIN DARI BRAND MENJADI MASKOT BERDASARKAN ADAPTASI METODE ALINA WHEELER KE DALAM MODEL 5M. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa
Auliazmi, R., Rudiyanto, G., & Utomo, R. D. W. (2021). Kajian Estetika Visual Interface Dan User Experience Pada Aplikasi Ruangguru Aesthetic Studies Of Visual Interface And User Experience Of The Ruangguru Application. Jurnal Seni Dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 4(1), 21–36.
Bernarto, I., Berlianto, M. P., Meilani, Y. F. C. P., Masman, R. R., & Suryawan, I. N. (2020). The influence of brand awareness, brand image, and brand trust on brand loyalty. Jurnal Manajemen, 24(3), 412–426.
Erlyana, Y., & Ressiani, R. (2020). Perancangan Buku Desain Kemasan” Basic Of Packaging”. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(02), 160–172
Gede, P., Kresna, S., Yoga, D., Gde, C., Swendra, R., Ketut, N., & Sarjani, P. (n.d.). PERANCANGAN DESAIN MASKOT FESTIVAL UBUD CAMPUHAN BUDAYA DI YAYASAN JANAHITA MANDALA UBUD (Vol. 4, Issue 1).
Halim, B. C., Dharmayanti, D., Si, M., Ritzky, D., & Brahmana, K. M. R. (2014). PENGARUH BRAND IDENTITY TERHADAP TIMBULNYA BRAND PREFERENCE DAN REPURCHASE INTENTION PADA MEREK TOYOTA. In Jurnal Manajemen Pemasaran Petra (Vol. 2, Issue 1).
Hikary, D., Fakultas, R., Komunikasi, D., Teknologi, I., Bisnis, D., Bukit, K., & Tawangmangu, P. (2024). PERANCANGAN MASKOT PRODUK BOWAH (BOBA BUWAH NAGA) (Vol. 2, Issue 1). Mei.
Imanuel, E., & Eko Nugroho, V. (2023). Perancangan Maskot “BIMA” Sebagai identitas Politeknik Bina Madani.
NATALIA DWI CHRISTSTEFANNIE. (2018). PERANCANGAN BRAND IDENTITY LEMBAGA BIMBINGAN UCOMIC BERUPA MASCOT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT.
Nur Hakim, F., & Rizqa Naja, A. (2023). Desain Brand Identity Coconut Orchids Nursery. Pixel :Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 16(2), 180–189. https://doi.org/10.51903/pixel.v16i2.1421
Ruslan, A. (2020). Identitas visual milenial dalam merek minuman bubble tea di Tangerang Selatan. Avant Garde, 8(1), 46–59.
Sabeth Uttara. (2021). Analisis Desain Karakter Pada Maskot Asian Games Ke-18 Jakarta Palembang.
Septian, R., Poernomo, M., Lusianawati, H., & Haikal, A. (2021). Representasi Makna Pada Karakter “Si Delos” Dalam Maskot Pilkada Depok Tahun 2020 (Analisis Teori Semiotika Roland Barthes).
Soewardikoen, D. W. (2021). Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual–Edisi Revisi. PT Kanisius.
Song, J., Xu, F., & Jiang, Y. (2022). The colorful company: Effects of brand logo colorfulness on consumer judgments. Psychology & Marketing, 39(8), 1610–1620.
Studi Desain Komunikasi Visual, P. (n.d.). DESAIN LOGO DAN MASKOT “DIFABEL KLATEN” SEBAGAI BRAND AWARENESS KAMPANYE SOSIAL PEDULI MASYARAKAT DISABILITAS DI KLATEN, JAWA TENGAH Yulianto Hadiprawiro.
Studi Desain Komunikasi Visual, P., & Seni Rupa dan Desain, F. (n.d.). Jurnal Bahasa Rupa | 104 PERANCANGAN MASKOT ISI PADANGPANJANG SEBAGAI MEDIA BRANDING Olvyanda Ariesta. http://bit.do/jurnalbahasarupa
Syahroni, M. I. (2022). Prosedur penelitian kuantitatif. EJurnal Al Musthafa, 2(3), 43–56.
Syarif, A. P., & Putra, D. (n.d.). 2 ND MDP STUDENT CONFERENCE (MSC) 2023 PEMBUATAN DESAIN MASKOT SEBAGAI REPRESENTASI VISUAL RETURN SPACE & COFFEE.
Ulita, N., & Hartono, R. (2023). TINJAUAN VISUAL BRAND IDENTITY PRODUK MAKARONI PEDAS SEBAGAI ACUAN PERANCANGAN DESAIN A VISUAL REVIEW OF THE BRAND IDENTITY OF SPICY MACARONI PRODUCTS AS A REFERENCE IN DESIGN.