PREFERENSI GENERASI X DAN Y DALAM MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE DAN MEDIA TELEVISI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan datanya adalah kuesioner merupakan generasi X di Kecamatan Mantikulore Kota palu. Teknik pengumpulan data yang di sertai daftar-daftar pertanyaan kepada responden. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 99 responden. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengukur penggunaan media online dan media televisi dengan menghitung semua item kuesioner dari setiap penelitian. Hasil pengujian menunjukan bahwa kedua media memiliki tontonan tayangan yang sering digunakan generasi X namun pada media televisi (X2) lebih tinggi dibandingkan media online (X1) pada generasi X di Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Hal Ini ditunjukan dari hasil perhitungan nilai presentase media televisi yang paling tertinggi dari pertanyaan 89% dan media online memiliki presentase 87%. Maka kesimpulannya Ho : Preferensi tontonan tayangan media online lebih rendah dibandingkan preferensi tontonan tayangan media televisi.
Downloads
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian
Cara Mengutip
Referensi
Abidin, Yusuf Zainal. 2015. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia.
Baran, Stanley J. 2012. Pengantar Komunikasi Massa. 5th ed. edited by Y. S. Hayati. Jakarta: Penerbit Erlangga
BPS. Kota Palu . 2022. Kota Palu Dalam Angka 022. Kota Palu: BPS Kota Palu.
Cangara, H. 2018. Pengantar Ilmu Komunikasi. 3rd ed. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Djamal, H., and A. Fachruddin. 2011. Dasar-Dasar Penyiaran. 2nd ed. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Heryanto, G. G. 2018. Media Komunikasi Politik: Relasi Kuasa Media Di Panggung Politik. Yogyakarta: IRCiSoD.
Kriyantono, Rachmat. 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
McQuail, D. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika. Morissan. 2008. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio Dan Televisi. Jakarta: Prenada Media Group. 2011. Manajemen Media Penyiaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Morissan. 2011. Manajemen Media Penyiaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nasrullah, Rulli. 2016. Media Sosial: Perspetif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, Jalaluddin. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rohmah, Nurliya Ni’matul. 2020. “Media Sosial Sebagai Media Alternatif Manfaat Dan Pemuas Kebutuhan Informasi Masa Pandemik Global Covid 19 (Kajian Analisis Teori Uses And Gratification).” Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 4(1):1–16.
Safko, Lon. 2010. The Social Media Bible: Tactics, Tools, and Strategies for Business Success. New Jersey, USA: John Wiley & Sons Inc.
Sinambela, L. .. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif; Untuk Bidang Ilmu Administrasi, Kebijakan Publik, Ekonomi, Sosiologi, Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya. 1st ed. Yogyakarta: Graha Ilmu.