ANALISIS IMPLIKASI PERILAKU KOMUNIKASI DALAM HUBUNGAN IDOLA DAN PENGGEMAR MELALUI KOMUNITAS CHANNEL BTS DI WEVERSE

Isi Artikel Utama

Annysa Nur Agafanthy
Alem Febri Sonni
Muhammad Farid

Abstrak

Penggunaan media massa yang masif di era digital membuat kita dengan mudah tersentuh dan terpengaruhi oleh informasi yang dimiliki oleh media massa. Media sosial merupakan salah satu media massa yang membawa pengaruh tersebut kepada setiap penggunanya. Termasuk pada media sosial Weverse yang digunakan oleh para penggemar untuk saling berinteraksi dengan sesama komunitasnya dan juga idolanya. Sehingga untuk melihat adanya pengaruh dan implikasi antara komunikasi yang terjalin didalam komunitas tersebut penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh perilaku komunikasi antara idola dan penggemar dalam komunitas Channel BTS melalui media sosial Weverse. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitiatif dengan menggunakan dasar teori pemrosesan informasi di mana penelitian ini membantu memahami bagaimana manusia memperoses informasi dan bagaimana proses tersebut mempengaruhi perilaku manusia. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan juga wawancara terhadap tujuh narasumber berserta aktivitas komunikasinya pada media sosial Weverse. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa pengaruh komunikasi antara idola dan penggemar dapat dilihat melalui tiga aspek yakni kognitif, afektif dan konatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Rincian Artikel

Bagian

Articles

Cara Mengutip

ANALISIS IMPLIKASI PERILAKU KOMUNIKASI DALAM HUBUNGAN IDOLA DAN PENGGEMAR MELALUI KOMUNITAS CHANNEL BTS DI WEVERSE . (2024). Kinesik, 11(1), 45-63. https://doi.org/10.22487/ejk.v11i1.1160

Referensi

Abd-Rahim, A. (2019). Online Fandom: Social Identity and Social Hierarchy of Hallyu Fans. Journal for Undergraduate Ethnography, 9(1), 65–81. https://doi.org/10.15273/jue.v9i1.8885

Abidin, J., Suryani, Y., Sultan, U., Hasanuddin Banten, M., Agama, K., & Tangerang, K. (2020). Kajian Perilaku Kelompok dalam Organisasi. In Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara (Vol. 1, Issue 2). http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/jlpn

Agosto, D. E., & Abbas, J. (2011). Teens, Libraries, and Social Networking: What Librarians Need to Know. ABC-CLIO.

Amroshy, A. U. Al. (2014). Hegemoni Budaya Pop Korea Pada Komunitas Korea Lovers Surabaya (KLOSS). Paradigma.

Bok-rae, K. (2015). Past , Present and Future of Hallyu (Korean Wave). American International Journal of Contemporary Research.

Click, M. A., Lee, H., & Holladay, H. W. (2017). ‘You’re born to be brave’: Lady Gaga’s use of social media to inspire fans’ political awareness. International Journal of Cultural Studies, 20(6), 603–619. https://doi.org/10.1177/1367877915595893

Cohen, J. (2014). Mediated Relationships and Social Life. In Media and Social Life (pp. 142–156). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315794174-10

Damiati, Luh, M., & Made, S. (2017). Perilaku Konsumen (1st ed.). Rajawali Press.

Durkheim, E. (1893). The Division of Labor in Society. DIGIREADS.COM.

Frismadewi, R. , & Darminto, E. (2022). Hubungan antara status identitas dan kontrol diri dengan perilaku imitasi budaya k-pop pada remaja pelajar. Teraputik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling,.

Gray, J., Sandvoss, C., & Harrington, C. L. (2007). Fandom: Identities and Communities in a Mediated World (1st ed.). New York University Press.

Hanan, M. S. , K. (2021). Interaksi Parasosial Antara Idola Dengan Penggemarnya. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hartmann, T. (2008). Mediated Interpersonal Communication. Lawrence Erlbaum Associates.

Hidayati, B. M. R. (2019). Peran Bimbingan dan Konseling di Madrasah. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 4(1), 15–33. https://doi.org/10.33367/psi.v4i1.653

Hofstede, G. (1991). Cultures and organizations : software of the mind. McGraw-Hill.

Jang, W., & Song, J. E. (2017). The Influences of K-pop Fandom on Increasing Cultural Contact. Community Sociology.

Juwita, S. (2018). Tingkat fanatisme penggemar k-pop dan kemampuan mengelola emosi pada komunitas EXO-L di kota yogyakarta. . Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling.

Kim, M., & Kim, J. (2020). How does a celebrity make fans happy? Interaction between celebrities and fans in the social media context. Computers in Human Behavior, 111, 106419. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106419

Kristya, G. M., & Sarwono, R. B. (2023). Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial Hiperrealitas Dalam Interaksi Parasosial Pada Mahasiswa Penggemar K-Pop Di Yogyakarta (Studi Fenomenologi). 3(2), 2024–2025.

Kurnia, N. (2005). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Media Baru: Implikasi terhadap Teori Komunikasi. Mediator.

Lamerichs, N. (2018). Productive Fandom. Amsterdam University Press. https://doi.org/10.2307/j.ctv65svxz

Lee, J., & Hong, I. B. (2016). Predicting positive user responses to social media advertising: The roles of emotional appeal, informativeness, and creativity. International Journal of Information Management, 36(3), 360–373. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2016.01.001

Machin, D. (2002). Ethnographic Research for Media Studies. Oxford University Press Inc.

Mangkunegara, A. P. (2009). Perilaku Konsumen. Refika Aditama.

Mangunsong, G., Pohan, S., Perwirawati, E., & Perwirawati, ) Elok. (n.d.). NETNOGRAFI KOMUNIKASI PADA KOMUNITAS FANDOM ARMY INDONESIA.

Manovich, L. (2001). The Language of New Media. The MIT Press.

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. UPN “Veteran” Yogyakarta Press.

Nasrullah, R. (2020). Etnografi Virtual : Riset Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi di Internet (4th ed.). Simbiosa Rekatama Media.

Oktarina, Y., & Abdullah, Y. (2017). Komunikasi dalam Perspektif Teori dan Praktik. Deepublish.

Pang, A., Shin, W., Lew, Z., & Walther, J. B. (2018). Building relationships through dialogic communication: organizations, stakeholders, and computer-mediated communication. Journal of Marketing Communications, 24(1), 68–82. https://doi.org/10.1080/13527266.2016.1269019

Perbawani, P. S., & Nuralin, A. J. (2021). Hubungan Parasosial dan Perilaku Loyalitas Fans dalam Fandom KPop di Indonesia. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 42–54. https://doi.org/10.30656/lontar.v9i1.3056

Putri Wardani, E., Sari Kusuma, R., Muhammadiyah Surakarta, U., Ahmad Yani, J., & Tengah, J. (2021a). INTERAKSI PARASOSIAL PENGGEMAR K-POP DI MEDIA SOSIAL (Studi Kualitatif pada Fandom Army di Twitter) Parasocial Interaction of K-Pop Fans in Social Media (A Qualitative Study towards Army Fandom on Twitter). Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 7(2), 243–260. http://journal.ubm.ac.id/

Putri Wardani, E., Sari Kusuma, R., Muhammadiyah Surakarta, U., Ahmad Yani, J., & Tengah, J. (2021b). Interaksi Parasosial Penggemar K-Pop Di Media Sosial (Studi Kualitatif pada Fandom Army di Twitter) Parasocial Interaction of K-Pop Fans in Social Media (A Qualitative Study towards Army Fandom on Twitter). Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 7(2), 243–260. http://journal.ubm.ac.id/

Rizqiyah, N., & Marzuki, M. E. (n.d.). Interaksi Simbolik Antara Penggemar Dengan Idol K-Pop Bangtan Boys Studi Fenomenologi Pada Platfrom Weverse. JSL Jurnal Socia Logica, 3(2), 2023.

Sagita, A., & Kadewandana, D. (2017a). Hubungan Parasosial di Media Sosial (Studi pada Fandom Army di Twitter). Journal of Strategic Communication.

Sagita, A., & Kadewandana, D. (2017b). Hubungan Parasosial di Media Sosial (Studi pada Fandom Army di Twitter). Journal of Strategic Communication.

Schramm, H., & Hartmann, T. (2008). The PSI-Process Scales. A new measure to assess the intensity and breadth of parasocial processes. COMM, 33(4), 385–401. https://doi.org/10.1515/COMM.2008.025

Setyani, Y. (2017). The Meaning of Imitation amongst K-Pop Cover Dancers in Surabaya. Allusion.

Sokolova, K., & Kefi, H. (2020). Instagram and YouTube bloggers promote it, why should I buy? How credibility and parasocial interaction influence purchase intentions. Journal of Retailing and Consumer Services, 53, 101742. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.01.011

Supriyatin, T., Syafa’atun, S., Asih, D. A. S., & Arfa, A. N. (2023). Dampak Budaya K-Pop Terhadap Tingkat Motivasi Belajar Mahasiswa. Research and Development Journal of Education, 9(2), 658. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i2.17145

Tidwell, L. C., & Walther, J. B. (2002). Computer-Mediated Communication Effects on Disclosure, Impressions, and Interpersonal Evaluations: Getting to Know One Another a Bit at a Time. Human Communication Research, 28(3), 317–348. https://doi.org/10.1111/j.1468-2958.2002.tb00811.x

Vira Eka Reynata, A., Aditya Fantino, R., & Teguh santoso, M. (2022). Perubahan Gaya Hidup Hedonisme pada Kalangan Mahasiswa Rantau Di Kota Surabaya. In Universitas Negeri Surabaya.

Vivian, J. (2008). Teori Komunikasi Massa (8th ed.). Prenada Media Group.

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Andi.

Weaver, R. L. (1993). Understanding Interpersonal Communication (6th ed.). Harper Collins Publishers.

Wulandari, K., & Universitas Mulawarman, F. (2023). Parasocial Interactions And Loyalty Levels Of Teenagers Ending Korean Pop (K-Pop) Fans In Samarinda Interaksi Parasosial Dan Tingkat Loyalitas Konsumen Remaja Akhir Penggemar Korean Pop (K-Pop) Di Samarinda. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 2). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Wylie, H. (2019). BTS and UNICEF Call On Young People to Spread Kindness on International Day of Friendship: Global Pop Group Releases Video to Call for An End to Violence in and Around Schools. Unicef.Org.

Yoon, K. (2019). Transnational fandom in the making: K-pop fans in Vancouver. International Communication

Gazette, 81(2), 176–192. https://doi.org/10.1177/1748048518802964

Yuliawan, B. A. P., & Subakti, G. E. (2022). Pengaruh Fenomena Korean Wave(K-Pop Dan K-Drama) Terhadap Perilaku Konsumtif Penggemarnyaperspektif Islam. Jurnal Penelitian Keislaman.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama