Kinerja Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Publik Di Kelurahan Tanamodindi Kecamatan Mantikulore Kota Palu
plugins.themes.academic_pro.article.main693a3c0a5b892
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui kinerja ASN dalam pelayanan publik di Kelurahan Tanamodindi Kota Palu dengan metode deskriptif kualitatif menggunakan teori Agus Dwiyanto (2012) yang mencakup lima indikator kinerja. Dasar penelitian ini adalah field Research (penelitian lapangan), jenis data yaitu data primer dan sekunder. Sedangkan Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Teknik purposive sampling, informan dalam penelitian berjumlah 6 orang. Pengumpulan data dan bahan dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja ASN secara umum belum optimal sepenuhnya. Pada indikator produktivitas, ASN dinilai baik karena mampu memberikan pelayanan cepat, tertib, transparan, dan efektif meski ada kendala di lapangan. Pada indikator kualitas layanan, ASN juga baik karena memberikan pelayanan ramah, cepat, komunikatif, serta teliti sehingga meningkatkan kepuasan masyarakat. Pada indikator responsivitas, ASN menunjukkan kinerja baik karena tanggap dalam situasi mendesak, tetap teliti, dan mudah dihubungi sehingga memudahkan masyarakat. Selanjutnya, pada indikator akuntabilitas, ASN dinilai baik karena pelayanan berlangsung transparan, jelas, dan mudah dipahami. Namun pada indikator responsibilitas, masih terdapat kelemahan berupa kurang disiplin waktu dan ketidakkonsistenan kehadiran, sehingga masyarakat kadang harus menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan.