Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Bpjs Dan Pasien Umum Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.5281/jps.v1i2.1373

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien BPJS serta Pasien Umum

Abstrak

Penelitian ni bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Dan Pasien Umum Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian ni menggunakan teori 5 dimensi kualitas pelayanan menurut Kotler Dan Keller (2016:442), yang terdiri dari Tangible (Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), dan Emphaty (Empati). Penelitian ni Menggunakan Desain Penelitian Mix Method dengan pendekatan Sequential Exploratory. Dasar penelitian dengan menggunakan metode obeservasi, wawancara dan angket atau kuesioner dan jenis data pada penelitian ni yaitu data primer dan data sekunder. sampel yang digunakan sebanyak 97 Responden.Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien BPJS Dan Pasien Umum Pada Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah dengan nilai t hitung > t tabel 9,809 > 2,69) dengan taraf signifikansi < 0,05 (0,001 < 0,05) sehingga Ha diterima dan H0. ndikator Kualitas Pelayanan yang dominan berpengaruh Terhadap Kepuasan Pasien BPJS dan Umum adalah Empathy Karena Memiliki Nilai Mean Paling Besar Dibandingkan Dengan Variabel Lain Data Kuantitatif didukung dengan hasil wawancara kepada beberapa nforman yang menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah belum berjalan dengan baik pada ndikator Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Tangibles, hal ni dapat dilihat dari kinerja dokter yang tidak optimal, waktu pelayanan yang tidak pasti, kurangnya respon dan keramahan petugas dalam memberikan pelayanan, sarana dan prasarana yang belum memadai. Segala bentuk masalah ni perlu adanya perbaikan agar kedepannya dapat berjalan dengan baik.

Diterbitkan

2024-05-29

Cara Mengutip

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Bpjs Dan Pasien Umum Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah. (2024). JPS: Journal of Publicness Studies, 1(2), 56-65. https://doi.org/10.5281/jps.v1i2.1373