Main Article Content

Abstract

Inovasi dalam pelayanan publik saat ini menjadi unsur penting sebab hadirnya inovasi di lingkup pemerintahan dapat menjadi solusi permasalahan publik yang ada dan dapat meningkatkan kualitas serta kepuasaan pelayanan publik kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipologi inovasi pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta. Metode yang digunakan peneliti adalah deskriptif kualitatif, data dikumpulkan dengan kajian pustaka dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori tipologi inovasi miliki Muluk yang membagi tipologi inovasi ke dalam kategori; Inovasi Produk Layanan yaitu inovasi; Inovasi Proses Layanan; Inovasi Metode Layanan; Inovasi Kebijakan dan Inovasi Sistem. Hasil tipologi inovasi penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat seluruh tipologi inovasi pelayanan dengan dominasi pada inovasi metode layanan sebanyak enam inovasi pelayanan.

Keywords

administrasi kependudukan; government; pelayanan publik; tipologi inovasi;

Article Details

How to Cite
Haryani, T. N. H., & -, C. F. Y. (2020). Tipologi Inovasi Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta Chindy Fita Yanartin. Journal of Public Administration and Government, 2(2), 78-84. https://doi.org/10.22487/jpag.v2i2.55