Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pelayanan pembentukan koperasi yang diterapkan di Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar dan kendala apa yang dihadapi dalam memberikan pelayanan pembentukan koperasi.  Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menetapkan 5 (lima) orang informan. Jenis penelitian dan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.  Data yang diperoleh nantinya akan dianalisis menggunakan analisis deskriptif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pembentukan koperasi di Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar dengan memperhatikan penyampaian persyaratan kepada masyarakat secara baik, penggunaan sistem, mekanisme dan prosedur pembentukan yang dinilai cukup baik, jangka waktu pelayanan pembentukan yang telah dinilai secara baik, tidak terdapat biaya yang dibebankan dalam proses pelayanan yang dapat dikategorikan baik, produk/ atau hasil dari pelayanan yang sudah baik karena telah mampu memberikan perlindungan hukum, dan tidak tersedianya unit pelayanan pengaduan, saran dan masukan yang dinilai sudah tidak baik.  Jadi berdasarkan ketercapaian diatas, maka dapat dikatakan bahwa sistem pembentukan koperasi di Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar berjalan cukup baik.

Keywords

pelayanan pembentukan koperasi prosedur

Article Details

How to Cite
Risma Niswaty, Nuralim, Muh. Nasrullah, Haedar Akib, & Rudi Salam. (2020). Sistem Pelayanan Pembentukan Koperasi di Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar. Journal of Public Administration and Government, 2(1), 14-18. https://doi.org/10.22487/jpag.v2i1.35