Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perilaku Birokrasi Dalam Pelayanan Surat Izin Usaha Pada Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Sondang P. Siagian (1994:102-112), dimana ada empat dimensi yang digunakan untuk mengukur perilaku birokrasi yang diberikan oleh pegawai di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu. Keempat dimensi tersebut yaitu Peduli, Disiplin, Peka dan Tanggung Jawab. Metode penelitian yang digunakan Deskriptif Kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Perilaku Birokrasi Dalam Pelayanan Surat Izin Usaha perdagangan Pada Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu cukup baik. Karena dari empat dimensi, ada dua dimensi dalam perilaku birokrasi yang cukup baik yaitu dimensi Disiplin dimana masih sering terjadi keterlambatan tim teknis dalam melakukan peninjauan lapangan sehingga mengakibatkan pelayanan menjadi tertunda, tidak adanya kepastian waktu yang konsisten dari pegawai dan dalam penyelesaiannya di luar dari Standar Operasional Prosedur Surat Izin Usaha Perdagangan. Tanggung Jawab dimana petugas dalam memberikan pelayanan belum begitu cepat dan tepat dalam penyelesaian surat izin perdagangan dikarenakan masih sering terjadi keterlambatan dalam memproses berkas dan juga pada waktu-waktu tertentu gangguan jaringan yang terkadang bermasalah sehingga mengakibatkan sistem tidak berjalan dengan baik.

Keywords

disiplin peduli peka tanggung jawab

Article Details

How to Cite
Suasa, S., Rapi, M., & Lestari, I. D. (2021). Perilaku Birokrasi dalam Pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan pada Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu. Journal of Public Administration and Government, 3(2), 72-77. https://doi.org/10.22487/jpag.v3i2.191