Main Article Content

Abstract

Pelaksanaan salah satu fungsi pemerintahan yang langsung bersentuhan dengan kepentingan masyarakat adalah pelayanan publik. Kualitas pelayanan publik belum optimal dalam memenuhi harapan pihak penerima layanan yang diselenggarakan oleh perangkat daerah  disebabkan (1)  Kurang terintegrasinya kepemimpinan dalam pelaksanaan tugas menuju pelayanan yang profesional disebabkan lemahnya keteladanan pimpinan, lemahnya kemampuan manajerial; dan lemahnya kemampuan untuk mengembangkan komunikasi sosial yang efektif; (2) Kurang tepatnya penempatan personal aparatur pada  jabatan struktur organisasi perangkat daerah; dan (3) Kurang berkembangnya nilai-nilai kepemimpinan yang lebih sesuai dengan tuntutan keadaan serta pengembangan budaya kerja yang berdisiplin dan produktif. Untuk meningkatkan integritas kepemimpinan pada satuan kerja perangkat daerah dalam melaksanakan tugas dan fungsi pelayanan publik yang profesional, pemerintah daerah perlu melakukan berbagai upaya pembinaan sumber daya aparatur pada level pimpinan serta mengembangkan pola pengembangan karir  yang dilaksanakan dengan sistem lelang jabatan.  Pemerintah daerah perlu mengadakan reformasi personal pada struktur jabatan sistem informasi perangkat daerah untuk lebih menyesuaikan antara tuntutan struktur jabatan dengan kapasitas persiapan dan kapabilitas kesiapan sumber daya aparatur yang menempati struktur jabatan. Pemerintah daerah juga perlu mengembangkan nilai-nilai kepemimpinan yang lebih sesuai dengan tuntutan keadaan serta pengembangan budaya kerja yang berdisiplin dan produktif.

Keywords

integritas kepemimpinan kinerja pelayanan publik

Article Details

How to Cite
syahrir, syahrir. (2020). Integritas Kepemimpinan Perangkat Daerah Dalam Mewujudkan Kinerja Pelayanan Publik Yang Profesional. Journal of Public Administration and Government, 2(2), 93-97. https://doi.org/10.22487/jpag.v2i2.111