Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik dalam pengelolaan SOP di Kabupaten Barru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode analitis yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilakuyang dapat diamati. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Standar Operasional Prosedur (SOP) yang diterapkan oleh instansi-instantsi dibawah pengelolaan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Barru menunjukkan berbagai karakteristik positif. Meskipun beberapa instansi mengalami tantangan seperti kurangnya pemahaman dan pembaharuan terhadap SOP yang berlaku, kepatuhan SOP terhadap hukum, serta terkait keterukuran, mayoritas instansi berhasil mengimplementasikan SOP dengan baik.
Rekomendasi Penelitian ini adalah diharapkan masyarakat diberikan penyuluhan dan edukasi lebih lanjut mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam layanan publik, sehingga mereka dapat memahami hak-hak mereka dan bagaimana SOP dapat mempengaruhi kualitas layanan yang mereka terima. Mal Pelayanan Publik perlu meningkatkan transparansi dalam memberikan informasi tentang SOP, serta memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses perumusan SOP, sehingga dapat lebih responsif terhadap kebutuhan pengguna layanan. Langkah-langkah ini diharapkan dapat memastikan bahwa masyarakat dapat memperoleh pelayanan yang lebih baik dan perlindungan yang sesuai dengan standar yang diharapkan.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Reinventing and Tadulako University as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Reinventing, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Reinventing are the sole and responsibility of their respective authors and advertisers.
Users of this website will be licensed to use materials from this website following the Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License. Please use the materials accordingly.
Jurnal Reinventing is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License
You are free to:
- Share, copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt, remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
References
- Adhi Kusumawati. (2019). Metode Penelitian Kualitatif (S. I. Sukarno (ed.); 1st ed.). Lembaga Pendidikan Sukarno Presindo.
- Atmaja, J., 2018. Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank Bjb,
- Ikhbaluddin, I., 2021. Pelayanan Publik Berbasis Online Di Desa (Studi Pada Empat Desa Di Kecamatan Jatinangor). Jtkp 3, 16–30. Https://Doi.Org/10.33701/Jtkp.V3i2.2309
- Indonesia, P.R., 2009. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
- Kurniawan, R.C., 2017a. Inovasi Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah. Fiait Justisia 10. Https://Doi.Org/10.25041/Fiaitjuistisiai.V10no3.794
- Kurniawan, R.C., 2017b. Inovasi Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah. Fiait Justisia 10, 573–574. Https://Doi.Org/10.25041/Fiaitjuistisiai.V10no3.794
- Lestari, R.D., Sairofaih, R., Isbaindi, F.S., Setiaiwain, S., Faidli, Y., 2023. Inovasi Mail Pelayanan Publik Di Kota Tangerang Selatan. Publik 10, 44–56. Https://Doi.Org/10.37606/Publik.V10i1.471
- Muhaling, A.R., Palandeng, I.D., Sumarauw, J.S.B., 2021. Implementasi Standar Operasional Prosedur (Sop) Layanan Pada Pt. Taspen (Pesero) Cabang Manado.
- Mustanir, Ai., 2022. Pelayanan Publik. Penerbit Qiara Media.
- Nugraheni, R., Ep, A., Budiatmo, A., 2014. Pengaruh Standar Operasional Prosedur Dan Pengawasan Terhadap Kinerja Pramuniaga Pasaraya Sriratu Pemuda Semarang.
- Putri, S.S.A., Katili, A.Y., Syarta, A.A.H., Hasan, S.J., Pariono, A., 2024. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Pembayaran Pajak Restoran Di Kota Gorontalo. Publik 11, 488–497. Https://Doi.Org/10.37606/Publik.V11i2.1385
- Rianti, S., Rusli, Z., 2019. Kualitas Pelayanan Publik 15.
- Rohayatin, T., Warsito, T., Pribadi, U., Nurmandi, A., Kumorotmo, W., -, S., 2018. Faktor Penyebab Belum Optimalnya Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik Dalam Birokrasi Pemerintahan. Jcp 1, 22–36. Https://Doi.Org/10.36859/Jcp.V1i01.50
- Rukayat, Y., 2017. Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Pasirjambu.
- Sellang, K., Jamaluiddin, Mustanir, A., 2022. Strategi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Qiara Media.
- Siburian, P.S., Za, S.Z., 2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda 13, 102.
- Subarjo, A.H., Hermawan Setiabudi, D., Nugroho, F., Sudarmanto, S., Mulyani, S., Gunawan, G., Kumolosari, E., Maiuiidzoh, U., 2023. Pengenalan Pentingnya Dan Manfaat Standar Operasional Prosedur Bagi Karang Taruna. Jur. Peradaban.Maisy. 3, 5–9. Https://Doi.Org/10.55182/Jpm.V3i1.217
- Sulistiani, A.S., 2016. Standar Operasional Prosedur (Sop) Administrasi Kependudukan Dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Publik Di Kecamatan Sambutan 4.
- Titania, M.Y., 2023. Kuailitas Dan Kepatuhan Pelayanan Publik Oleh Pemerintah Di Indonesia Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Jisip 7. Https://Doi.Org/10.58258/Jisip.V7i1.4160
- Tomayahu, L.A., Ibrahim, M., Lamuda, I., 2024. Pengaruh Kepemimpinan Dan Standar Operasional Prosedur Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Produktivitas Kerja.