Implementasi Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik dalam Pengelolaan SOP Kabupaten Barru

Authors

  • Alfira Ihwan Institut Teknologi Bisnis dan Administrasi Al Gazali Barru
  • Safaruddin Institut Teknologi Bisnis dan Administrasi Al Gazali Barru
  • A. Ariyadi Institut Teknologi Bisnis dan Administrasi Al Gazali Barru
  • Andi Muhammad Ishak Ismail Institut Teknologi Bisnis dan Administrasi Al Gazali Barru

Keywords:

Implementasi, Pelayanan Publik, Standar Operasional Prosedur

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik dalam pengelolaan SOP di Kabupaten Barru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode analitis yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilakuyang dapat diamati. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Standar Operasional Prosedur (SOP) yang diterapkan oleh instansi-instantsi dibawah pengelolaan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Barru menunjukkan berbagai karakteristik positif. Meskipun beberapa instansi mengalami tantangan seperti kurangnya pemahaman dan pembaharuan terhadap SOP yang berlaku, kepatuhan SOP terhadap hukum, serta terkait keterukuran, mayoritas instansi berhasil mengimplementasikan SOP dengan baik.

Rekomendasi Penelitian ini adalah diharapkan masyarakat diberikan penyuluhan dan edukasi lebih lanjut mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam layanan publik, sehingga mereka dapat memahami hak-hak mereka dan bagaimana SOP dapat mempengaruhi kualitas layanan yang mereka terima. Mal Pelayanan Publik perlu meningkatkan transparansi dalam memberikan informasi tentang SOP, serta memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses perumusan SOP, sehingga dapat lebih responsif terhadap kebutuhan pengguna layanan. Langkah-langkah ini diharapkan dapat memastikan bahwa masyarakat dapat memperoleh pelayanan yang lebih baik dan perlindungan yang sesuai dengan standar yang diharapkan.

Author Biography

  • Alfira Ihwan, Institut Teknologi Bisnis dan Administrasi Al Gazali Barru

    Program Studi Administrasi Publik

References

Adhi Kusumawati. (2019). Metode Penelitian Kualitatif (S. I. Sukarno (ed.); 1st ed.). Lembaga Pendidikan Sukarno Presindo.

Atmaja, J., 2018. Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank Bjb,

Ikhbaluddin, I., 2021. Pelayanan Publik Berbasis Online Di Desa (Studi Pada Empat Desa Di Kecamatan Jatinangor). Jtkp 3, 16–30. Https://Doi.Org/10.33701/Jtkp.V3i2.2309

Indonesia, P.R., 2009. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Kurniawan, R.C., 2017a. Inovasi Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah. Fiait Justisia 10. Https://Doi.Org/10.25041/Fiaitjuistisiai.V10no3.794

Kurniawan, R.C., 2017b. Inovasi Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah. Fiait Justisia 10, 573–574. Https://Doi.Org/10.25041/Fiaitjuistisiai.V10no3.794

Lestari, R.D., Sairofaih, R., Isbaindi, F.S., Setiaiwain, S., Faidli, Y., 2023. Inovasi Mail Pelayanan Publik Di Kota Tangerang Selatan. Publik 10, 44–56. Https://Doi.Org/10.37606/Publik.V10i1.471

Muhaling, A.R., Palandeng, I.D., Sumarauw, J.S.B., 2021. Implementasi Standar Operasional Prosedur (Sop) Layanan Pada Pt. Taspen (Pesero) Cabang Manado.

Mustanir, Ai., 2022. Pelayanan Publik. Penerbit Qiara Media.

Nugraheni, R., Ep, A., Budiatmo, A., 2014. Pengaruh Standar Operasional Prosedur Dan Pengawasan Terhadap Kinerja Pramuniaga Pasaraya Sriratu Pemuda Semarang.

Putri, S.S.A., Katili, A.Y., Syarta, A.A.H., Hasan, S.J., Pariono, A., 2024. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Pembayaran Pajak Restoran Di Kota Gorontalo. Publik 11, 488–497. Https://Doi.Org/10.37606/Publik.V11i2.1385

Rianti, S., Rusli, Z., 2019. Kualitas Pelayanan Publik 15.

Rohayatin, T., Warsito, T., Pribadi, U., Nurmandi, A., Kumorotmo, W., -, S., 2018. Faktor Penyebab Belum Optimalnya Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik Dalam Birokrasi Pemerintahan. Jcp 1, 22–36. Https://Doi.Org/10.36859/Jcp.V1i01.50

Rukayat, Y., 2017. Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Pasirjambu.

Sellang, K., Jamaluiddin, Mustanir, A., 2022. Strategi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Qiara Media.

Siburian, P.S., Za, S.Z., 2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda 13, 102.

Subarjo, A.H., Hermawan Setiabudi, D., Nugroho, F., Sudarmanto, S., Mulyani, S., Gunawan, G., Kumolosari, E., Maiuiidzoh, U., 2023. Pengenalan Pentingnya Dan Manfaat Standar Operasional Prosedur Bagi Karang Taruna. Jur. Peradaban.Maisy. 3, 5–9. Https://Doi.Org/10.55182/Jpm.V3i1.217

Sulistiani, A.S., 2016. Standar Operasional Prosedur (Sop) Administrasi Kependudukan Dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Publik Di Kecamatan Sambutan 4.

Titania, M.Y., 2023. Kuailitas Dan Kepatuhan Pelayanan Publik Oleh Pemerintah Di Indonesia Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Jisip 7. Https://Doi.Org/10.58258/Jisip.V7i1.4160

Tomayahu, L.A., Ibrahim, M., Lamuda, I., 2024. Pengaruh Kepemimpinan Dan Standar Operasional Prosedur Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Produktivitas Kerja.

Published

2024-12-11

Issue

Section

Articles