ANALISIS MEDIA RELATIONS KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) SULAWESI TENGAH

Isi Artikel Utama

Israwaty Suriady
Fitriani Puspa Ningsih
Giska Mala Rahma Rini
Farin Firda Savhira

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas dan strategi Media Relations yang dilakukan oleh KPU Sulawesi Tengah. Tipe penelitian adalah kualitatif dengan dasar penelitan deskriptif. Teknik pengumpulan data yakni observasi, dokumentasi, dan wawancara terhadap empat (4) informan yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Adapun teknik analis data yang digunakan adalah model analysis interactive yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas Media Relations yang dilakukan oleh KPU Sulawesi Tengah adalah pengiriman Press Release dan pengadaan Press Events. Strategi Media Relations yang diterapkan oleh KPU Sulawesi Tengah yaitu: melakukan pelayanan terhadap media massa berupa layanan pengaduan customer service dan penyediaan informasi melalui sarana PPID, website, maupun kontak pribadi; pemeliharaan reputasi baik dan kepercayaan wartawan melalui penyajian informasi yang lengkap, akurat dan tidak berpihak; berupaya agar naskah informasi dan siaran pers yang dikirimkan dapat memenuhi kriteria pemberitaan yang baik melalui pelatihan jurnalistik; melakukan kerja sama dalam pelaksanaan acara pers berupa koordinasi dan penyediaan materi pra-kegiatan; menyediakan fasilitas verifikasi melalui Media Center, website dan PPID, serta fasilitas materil seperti akomodasi, ruangan dan wifi; dan membangun hubungan personal dengan wartawan melalui interaksi dan komunikasi di luar jam kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

Rincian Artikel

Bagian

Articles

Cara Mengutip

ANALISIS MEDIA RELATIONS KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) SULAWESI TENGAH. (2023). Kinesik, 10(2), 193-211. https://doi.org/10.22487/ejk.v10i2.917

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama