Pengaruh “FoMO” Terhadap Perilaku Berbusana pada Generasi Z Melalui Platform Media Sosial Tiktok: Followers @Sasfhir

Isi Artikel Utama

Mr. Yusuf
Nisa Marsellida Lubis
Rizky Wulan Ramadhani
Sri Wahyuni

Abstrak

Media sosial memainkan peran sentral dalam membentuk preferensi dan perilaku Generasi Z, termasuk dalam hal fesyen. Akun TikTok @sashfir menjadi salah satu sumber inspirasi populer di kalangan generasi ini, khususnya terkait gaya berbusana. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Fear of Missing Out (FoMO) terhadap perilaku berbusana Generasi Z yang mengikuti akun tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif melalui survei terhadap 100 responden, yang dipilih menggunakan rumus Taro Yamane. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FoMO memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku berbusana followers @sashfir. Semakin tinggi tingkat FoMO yang dirasakan, semakin besar kecenderungan untuk mengikuti tren fesyen yang ditampilkan. Temuan ini memperkuat relevansi teori Uses and Effects dalam menjelaskan keterkaitan antara penggunaan media sosial dan perubahan perilaku generasi muda, khususnya dalam konteks konsumsi konten fesyen.

Downloads

Download data is not yet available.

Rincian Artikel

Bagian

Articles

Biografi Penulis

Mr. Yusuf, Gunadarma University, Depok, Indonesia, Gunadarma University, Depok, Indonesia

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Gunadarma, Depok, Indonesia

Nisa Marsellida Lubis, Gunadarma University, Depok, Indonesia, Gunadarma University, Depok, Indonesia

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Gunadarma, Depok, Indonesia

Rizky Wulan Ramadhani, Gunadarma University, Depok, Indonesia, Gunadarma University, Depok, Indonesia

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Gunadarma, Depok, Indonesia

Sri Wahyuni, Gunadarma University, Depok, Indonesia, Gunadarma University, Depok, Indonesia

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Gunadarma, Depok, Indonesia

Cara Mengutip

Pengaruh “FoMO” Terhadap Perilaku Berbusana pada Generasi Z Melalui Platform Media Sosial Tiktok: Followers @Sasfhir. (2025). Kinesik, 12(1), 19-29. https://doi.org/10.22487/ejk.v12i1.1883

Referensi

Angesti, R., & Oriza, I. I. D. (2019). Peran fear of missing out (fomo) sebagai mediator antara kepribadian dan penggunaan internet bermasalah. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni.

Aqza, N. I., & Purnamasari, D. (2024). FoMO Dan Trend Fashion Dalam Gaya Hidup Mahasiswa Kota Semarang (Studi Pada Spill Outfit Racun Shopee Haul). Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 173–188.

Aurelia, Y. (2024). INTERAKSI SOSIAL MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK DI KALANGAN SISWA SMA PGRI 4 JAKARTA. Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(2). https://doi.org/10.33822/gk.v6i2.6563

Carolina, M., & Mahestu, G. (2020). Prilaku Komunikasi Remaja dengan Kecenderungan FoMo. JRK (Jurnal Riset Komunikasi), 11(1). https://doi.org/10.31506/jrk.v11i1.8065

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). PERILAKU GENERASI Z TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443

Kusaini, U. N., Wulandari, L., Guk, R. R. G., Cahya, B. D. I., Fitriana, D., Regilsa, M., Anggraini, D., Oktaviana, V., Lubis, M. A., & Ferdiansyah, M. (2024). Perilaku Fear Of Missing Out (Fomo) Pada Mahasiswa Pengguna Tiktok. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(3).

Mandas, A. L., & Silfiyah, K. (2022). Social Self-Esteem dan Fear of Missing Out Pada Generasi Z Pengguna Media Sosial. Jurnal Sinestesia, 12(1), 19–27. https://doi.org/10.53696/27219283.78

Nagari, W. S., Yuliansyah, M., & Handayani, E. S. (2023). Hubungan FoMO Dan Anxiety Terhadap Remaja Adiksi Medsos Di SMKN 1 Martapura. Media Bina Ilmiah, 17(6), 1225–1238.

Nisak, M., & Sulistyowati, T. (2022). Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswi Dalam Trend Fashion (Studi Kasus Mahasiswi Jurusan Manajemen Universitas Islam Lamongan). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 4(2).

Peredy, Z., Vigh, L., Quingyu, W., & Muyi, J. (2024). Analysing Generation Z Communication Attitudes, Values and Norms. Acta Periodica, 30, 4–19. https://doi.org/10.47273/AP.2024.30.4-19

Radianto, A. J. V., & Kilay, T. N. (2023). Pengaruh Fomo (Fear of Missing Out) Dan Influencer Terhadap Niatan Untuk Membeli Pada E-Commerce. Jurnal Revenue : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 4(1), 490–495. https://doi.org/10.46306/rev.v4i1

Saragih, J. R. S., Siregar, M. S., Batubara, K. A., & Hidayat, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Social-Commerce (Tiktok Shop) Terhadap Gaya Hidup Konsumtif Generasi-Z. MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion, 1(2), 330–343. https://doi.org/10.57235/mesir.v1i2.2978

Suliyana, N., Silviana Purwanti, & Rina Rifayanti. (2024). ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI EKSISTENSI DIRI PADA SISWA SMA NEGERI 1 SILUQ NGURAI. EJournal Ilmu Komunikasi, 12(2), 249–260.

Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum. ANDI Yogyakarta.

Winata, A. P., Mayasari, R. A., & Nugraha, M. Y. (2025). PENGARUH TREND FASHION DI TIKTOK TERHADAP GAYA BERPAKAIAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UIN RADEN FATAH PALEMBANG. JURNAL BUANA KATA: PENDIDIKAN, BAHASA, DAN ILMU KOMUNIKASI, 2(1). https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/buanakata/article/view/634

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama