Influencer Politik dan Penggiringan Opini Publik Isu Fufufafa di Media Sosial X
Isi Artikel Utama
Abstrak
Isu Fufufafa menjadi trending topik di media sosial X pada awal September lalu. Isu ini bermula dari temuan akun Kaskus yang diduga milik Wakil Presiden Indonesia, Gibran Rakabuming Raka. Fufufafa viral karena akun tersebut melontarkan hinaan kasar kepada Presiden Prabowo Subianto. Para influencer politik turut beropini atas kasus ini melalui X. Oleh karena itu, penulis fokus untuk mengetahui bagaimana influencer politik melalui media sosial X menggiring opini publik terkait Fufufafa. Metode analisis framing Robert N. Entman akan digunakan dengan menekankan pendefinisian masalah, penyebab masalah, membuat keputusan modal dan merekomendasikan penyelesaian tertentu. Influencer yang dipilih adalah @Dennysiregar7 dan @yusuf_dumdum, yang dinilai vokal atas isu ini. Tulisan ini menemukan adanya upaya penggiringan opini publik pada isu Fufufafa. Akun X telah digunakan sebagai alat untuk mempromosikan sudut pandang ataupun menggiring opini terhadap publik terkait suatu isu sesuai dengan apa yang mereka percayai.
Downloads
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian
Cara Mengutip
Referensi
Ahmad, D. (2021). Bingkai Sara Dalam Berita Politik: Analisis Framing Berita Pengangkatan Prabowo Sebagai Menteri Pertahanan RI. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1), 40–53.
Amanda, M. D., & Lexianingrum, S. R. P. (2024). Analisis Framing Media Sosial Terhadap Opini Publik Dalam Konteks Pemilu. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2(4), 346-353.
Anggoro, A. D. (2014). Media, Politik Dan Kekuasaan (Analisis Framing Model Robert N. Entman tentang pemberitaan hasil pemilihan Presiden, 9 Juli 2014 di TV One dan Metro TV ). Jurnal Aristo, 2(2), 25–52.
Anggraeni, D. M., & Sunarso, S. (2022). Persepsi tentang kampanye politik melalui media sosial dan partisipasi politik pemilih pemula pada Pilkada Kabupaten Sleman tahun 2020. AGORA, 11(3), 272-283.
Armayani, R. R., Tambunan, L. C., Siregar, R. M., Lubis, N. R., & Azahra, A. (2021). Analisis peran media sosial Instagram dalam meningkatkan penjualan online. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8920-8928.
Arniti, N. K. (2020). Partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan umum legislatif di kota denpasar. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 4(2), 329-348.
BBC. (2024). ‘Terima Kasih Jokowi’ di medsos hingga tawaran miliaran rupiah ke media ‘Operasi manipulasi’ atau murni ‘cinta Jokowi’? https://www.bbc.com/indonesia/articles/c0kjmdpdr6ro (Diakses pada 16 Oktober 2024)
Boer, K. M., Pratiwi, M. R., & Muna, N. (2020). Analisis framing pemberitaan generasi milenial dan pemerintah terkait Covid-19 di media online. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 85-104.
Habibi, U., & Pratama, H. (2021). Peran Akun X Public Figure Indonesia Dalam Membentuk Opini Publik Tentang Citra Positif Atas Kemenangan Taliban-Afganistan. Jurnal Da'wah: Risalah Merintis, Da'wah Melanjutkan, 4(2), 77-101.
Handika, M. R., & Darma, G. S. (2018). Strategi pemasaran bisnis kuliner menggunakan influencer melalui media sosial instagram. Jurnal Manajemen Bisnis, 15(2), 192-203.
Hasan, R. A. (2019). PENGARUH BERITA KINERJA PEMERINTAH DI NEW MEDIA TERHADAP CITRA JOKOWI PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU SOSIAL BUDAYA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA).
Hermanda, A., Sumarwan, U., & Tinaprillia, N. (2019). The effect of social media influencer on brand image, self-concept, and purchase intention. Journal of Consumer Sciences, 4(2), 76-89.
Huang, Y. (2015). A Semantic Network Analysis of Twitter Reaction to the Ferguson Grand Jury Decision : Implications for Framing and Deliberation. International Communication Association
Ilicic, J., & Webster, C. M. (2015). Consumer values of corporate and celebrity brand associations. Qualitative Market Research: An International Journal, 18(2), 164-187.
Jerry Wijaya Putra, J. (2022). ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KASUS KORUPSI PT. ASURANSI SOSIAL ANGKATAN BERSEJATA REPUBLIK INDONESIA (ASABRI) DI REPUBLIKA. CO. ID (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Lugito, P. J., Lesmana, F., & Wijayanti, C. A. (2022). Analisis Framing Terhadap Pemberitaan Rachel Vennya Pada Kasus Karantina COVID-19 di Kompas. com dan Okezone. com. Jurnal E-Komunikasi, 10(2).
Muhammad, Y. [@yusuf_dumdum]. (2024, September 12). ” berbunyi ”Serius ini info A100. Kasus Fufufafa ternyata bikin orang-orang di internal calon penguasa baru jadi merasa risih alias tidak nyaman. Kecuali hanya tukang cuci majikan lama. Bahkan yg lebih mengejutkan, kabarnya untuk tampil satu frame sama Fufufafa saja ogah!....”X. https://x.com/yusuf_dumdum/status/1834069044057821439?t=MBf6bY1CY45B8dA-CulV1A&s=08
Muhammad, Y. [@yusuf_dumdum]. (2024, Oktober 5). ”Saatnya fokus lagi ke Fufufafa. Pihak raja tega saat ini ingin menormalisasi kasus Fuufafa, sedangkan pihak keluarga PS masih blm bisa menerima atas sadisnya jejak digital Fufufafa.......” X. https://x.com/yusuf_dumdum/status/1842546086105543088?t=XujbV-Kx4zBu0a7J1zIp0Q&s=08
Muhammad, Y. [@yusuf_dumdum]. (2024, Oktober 5). ”Bahkan untuk duduk di samping Fufufafa pun PS ogah!”.”X. https://x.com/yusuf_dumdum/status/1842587057459532210?t=CmPybk2MeePIVkG4H-WxGQ&s=0
Nasrullah, R. (2015). Media sosial: Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2016, 2017.
Nurfazira, N. R., Kagatanaribe, N. G. D., Perdana, P. D., & Mardikawati, B. (2024, May). Keselamatan Merupakan Pilihan Utama Hasil Kuesioner Kualitas Layanan Bus Antar Kota Terminal Mandalika pada Provinsi Lombok. In Berkala Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi (Vol. 2, No. 2, pp. 325-333).
Pradana, M. D., Argenti, G., & Adiarsa, S. R. (2023). Analisis Framing mengenai Pemberitaan Buzzer Politik di Media Sosial pada Media Online detikcom. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 5736-5747.
Pratiwi, A. A. M. (2020). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Online Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 3(2), 73-81.
Rustandi, R., & Muchtar, K. (2020). Analisis Framing Kontra Narasi Terorisme dan Radikalisme di Media Sosial (Studi Kasus pada Akun@ dutadamaijabar). Komunikatif: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 9(2), 134-153.
Savitri, L. A., Manalu, S. R., & Hasfi, N. (2023). ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PERMENDIKBUD TENTANG PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KEKERASAN SEKSUAL DI LINGKUNGAN PERGURUAN TINGGI DI MEDIA ONLINE. Interaksi Online, 12(1), 194-208.
Siregar, D. [@Dennysiregar7]. (2024, September 10). ”Kalian ini terus bicarain Fufufafa, apa sudah gak peduli dengan pak Jokowi yang sebenetar lagi pamit tugas? Bismillah, Direktur Timah.”X.https://x.com/Dennysiregar7/status/1833440529285321123?t=Vwa_Ep3ih65cRlhL9cye5Q&s=08
Siregar, D. [@Dennysiregar7]. (2024, September 13). ” ”hmm.. Fufufafa..”.X.https://x.com/Dennysiregar7/status/1834561171137126769?t=kyfAuJvrgRb0ItTyWodg7g&s=08
Siregar, D. [@Dennysiregar7]. (2024, Oktober 9). ”Sempat denger sedikit pembicaraan tadi.. Beneran. Keluarga besar mereka marah banget ama Fufufafa”.X. https://x.com/Dennysiregar7/status/1834561171137126769?t=kyfAuJvrgRb0ItTyWodg7g&s=08
Suara. (2024). ‘Fufufafa Lebih Banyak Sentimen Kontra Publik Dibanding Pilpres 2024?, Ismail Fahmi Ungkapkan Temuan Ini.’ https://www.suara.com/news/2024/09/19/162558/fufufafa-lebih-banyak-sentimen-kontra-publik-dibanding-pilpres-2024-ismail-fahmi-ungkapkan-temuan-ini (Diakses pada 12 Oktober 2024)
Suara. (2024). ‘Posisi Duduk Gibran Tak Sejajar Prabowo di HUT TNI Disorot: Belum Levelnya.’ https://www.suara.com/entertainment/2024/10/07/105254/posisi-duduk-gibran-tak-sejajar-prabowo-di-hut-tni-disorot-belum-levelnya (Diakses pada 14 Oktober 2024)
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S. Pd. ALFABETA, cv.
Sulkhan, K. A. (2020). Mitos Good Influencer dan Politik citra Awkarin dalam Pusaran Demonstrasi Mahasiswa Menolak RKUHP. Jurnal Komunikasi, 15(1), 19-34.’
Sultan, Feti Fajriawati & Purwanti, Silviana. (2022). Pembentukan Opini Publik Pada Akun Twitter Pribadi Novel Baswedan. eJournal Komunikasi 10 (4): 155-164
Tabroni, R. (2014). Komunikasi politik pada era multimedia. Simbiosa Rekatama Media.
Tempo. (2024). ‘Bahlil Sebut Raja Jawa, Guru Besar UGM: Pengakuan Dinasti dan Bentuk Penghambaan.’ https://nasional.tempo.co/read/1908087/bahlil-sebut-raja-jawa-guru-besar-ugm-pengakuan-dinasti-dan-bentuk-penghambaan (Diakses pada 10 Oktober 2024)
Wafa, M. A. (2020). Analisis Framing Twitter Presiden Joko Widodo Dimasa Covid-19.