Analisis Semiotika Representasi Isu Toxic Masculinity dalam Film “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas”
Isi Artikel Utama
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi maskulinitas toksik dalam film "Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas". Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis semiotika model John Fiske. Ada tiga level pengkodean dalam model ini, yaitu level realitas, level representasi, dan level ideologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi maskulinitas toksik yang digambarkan tokoh utama pada level realitas kategori kostum. Level representasi kode yang menggambarkan maskulinitas toksik ditampilkan pada pengambilan gambar seperti medium shot, close up, two shot, dan over shoulder shot. Level ideologi yang terlihat yaitu individualisme yang tinggi dari Ajo Kawir yang memiliki sikap superioritas, bertindak demi kepentingan pribadi, dan keras kepala. Maskulinitas toksik tokoh utama dipengaruhi oleh trauma masa lalu, dan masyarakat patriarki. Level realitas kode sosial ditampilkan melalui kostum, gaya bicara, dan ekspresi. Level representasi kode sosial ditampilkan melalui kamera dan pencahayaan. Level ideologi kode sosial ditampilkan melalui aksi, dialog, dan karakter.
Downloads
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian
Cara Mengutip
Referensi
Alamsyah, F. F. (2020). Representasi, Ideologi dan Rekonstruksi Media. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 94.
Anderson Daniel Sudarto, J. S. (2015). ANALISIS SEMIOTIKA FILM "ALANGKAH LUCUNYA NEGERI INI". JOURNAL ACTA DIURNA, 02.
Ariani, M. (2015). Representasi Kecantikan Wanita dalam Film 200 Pounds Beauty Karya Kim . eJournal Ilmu Komunikasi, Vol.3 No.4, 320.
Baudry, J.-L. (1996). The anthology Post-Theory: Reconstructing Film Studies.
Bazin, A. (2005). What is Cinema? Inggris: University of California Press.
Berger, T. L. (1979). The Social Construction of Reality. New York: Penguin Books.
Devi Yulianti, R. S. (2020). ANALISIS SEMIOTIK REPRESENTASI SIKAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DI DALAM FILM "99 CAHAYA DI LANGIT EROPA PART 1". Jurnal Intelektual Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi, 41.
Edwin (Sutradara). (2021). Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas [Gambar Hidup].
Fiske, J. (1987). Television Culture. London: Routledge.
Gaol, M. T. (2020). ANALISIS SEMIOTIKA PADA FILM PARASITE DALAM MAKNA DENOTASI KONOTASI DAN PESAN MORAL. 20-34.
Jackson Katz, P. (2022). The Man Card: White Male Identity Politics from Nixon to Trump.
Kimmel, M. (2008). Guyland: The Perilous World Where Boys Become Men. New York: HarperCollins.
Kraucer, S. (1947). From Caligari to Hitler: A Psychological History of the German Film. german: Princeton University Press.
Kupers, T. A. (2005). Toxic Masculinity as a Barrier to Mental Health. JOURNAL OF CLINICAL PSYCHOLOGY.
McLuhan, M. (1967). The Medium Is The Message. New York: Bantam Books.
Michael Kimmel, L. W. (2018). Ask a Feminist: Michael Kimmel and Lisa Wade Discuss Toxic Masculinity. Ask a Feminist.
Michael, E. (2008). Stolen Honor: Stigmatizing Muslim Men in Berlin. Stanford: Stanford Univ. Press.
Mulvey, L. (Sutradara). (1973). The Male Gaze [Gambar Hidup].
Panji Wibisono, Y. S. (2021). ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES DALAM FILM BINTANG KETJIL KARYA WIM UMBOH DAN MISBACH YUSA BIRA . Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, 30-32.
Saussure, F. d. (1916). Course in General Linguistics. Columbia University Press.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. Bandung: ALFABETA.
Wandi, G. (2015). Rekonstruksi maskulinitas: menguak peran laki-laki dalam perjuangan. Kafaah: Journal of Gender Studies, 5(2), 239-255.