Eksistensi Industri Musik Korea (K-Pop) pada Perubahan Gaya Berkomunikasi dan Perilaku Konsumtif K-Popers di Surabaya
Isi Artikel Utama
Abstrak
Fenomena K-pop telah menjadi salah satu kekuatan utama dalam industri musik global. Tak hanya menjadi tren di Korea Selatan, K-pop telah merajai panggung Internasional dengan basis penggemar yang besar dan beragam di seluruh dunia. Namun, daya tarik K-pop tidak hanya terbatas pada aspek musiknya; fenomena ini juga memengaruhi berbagai aspek kehidupan remaja, termasuk gaya berkomunikasi dan perilaku konsumtif mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya berkomunikasi dan perilaku konsumtif pada inovasi fashion kpopers di surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menyebar google form di media sosial, seperti WhatsApp, Instagram, dan Twitter. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa eksistensi K-Pop telah mengubah pola komunikasi antara penggemar dan memperluas interaksi melalui media sosial. Selain itu, industri K-Pop juga mendorong perilaku konsumtif di kalangan penggemar dengan meningkatnya minat terhadap merchandise (fashion) budaya pop Korea.
Downloads
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian
Cara Mengutip
Referensi
Aldo Enrico, R. A. W. O. (2014). The Factors that Influenced Consumptive Behavior: A survey of University Students in Jakarta. International Journal of Scientific and Research Publications, 4(1 January 2014).
Almaida, R., Gumelar, S. A., & Laksmiwati, A. A. (2021). Dinamika psikologis fangirl k-pop. Cognicia, 9(1), 17–24. https://doi.org/10.22219/cognicia.v9i1.15059
Amalia, I. (2019). PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA PENGGEMAR K-POP DEWASA AWAL.
Amaliantami Putri, K., Hadi Purnomo, M., & Wave dalam Fanatisme dan Konstruksi Gaya Hidup Generasi, K. Z. (2019). Korean Wave dalam Fanatisme dan Konstruksi Gaya Hidup Generasi Z. In NUSA (Vol. 14, Issue 1).
Amelia, N., Putri, M., Eka, L., Anugrahni, P., Suryaningsih, M., & Maemunah, M. (2024). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Tren Fashion Korea Di Pasar Lokal.
Apolo, M., & Kurniawati, M. (2023). Pengaruh Fear Of Missing Out (Fomo) Terhadap Perilaku Konsumtif Penggemar KPOP Remaja Akhir Pada Produk Merchandise KPOP. Meike Kurniawati INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 3847–3858.
Ardiansyah, L. (2018). Media Sosial Youtube Dalam Menunjang Popularitas Musisi Indonesia.
Arfina, R. (2014). 3. BAB I. Analisis Perilaku Fanatisme Penggemar Boyband Korea (Studi Pada Komunitas Safel Dance Club) Skripsi.
Dewi, S., Rusydi, H., Putri, A., Faiz, A. N., Permana, E., & Karlina, V. (2024). SINERGI GAYA HIDUP E-FASHION DAN DAMPAK KOREA WAVE TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING PADA PRODUK FASHION. In Prosiding SEMANIS : Seminar Nasional Manajemen Bisnis (Vol. 2).
Dian, O. :, & Sari, A. (2019). KOREAN POP (K-POP) DAN EKSPRESI IDENTITAS DIRI ANGGOTA FANSCLUB K-POP DI PEKANBARU. In JOM FISIP (Vol. 6).
Dianne Hofner Saphire, B. K. M. B. I. D. (2005). Communication Highwire: Leveraging the Power of Diverse Communication Styles. Quercus.
Fachrosi, E., Tia Fani, D., Fadhila Lubis, R., Bella Aritonang, N., Azizah, N., Reza Saragih, D., & Malik, F. (2020). Dinamika Fanatisme Penggemar K-Pop pada Komunitas BTS-Army Medan The Dynamics of K-Pop Fanaticism in the BTS-Army Medan Community. Jurnal Diversita, 6(2). https://doi.org/10.31289/diversita.v6i2.3782
Hidayat, M., Ahmadiyati, J. N., Sulistiyani, R., Chaeratunnisya Vebryana, L., Azzahra, Y., Al-Rahmah Bobihu, N., & Maknuna, L. (2022). KEBERAGAMAN PADA KELOMPOK PENGGEMAR K-POP DI INDONESIA. https://doi.org/10.22373/arj.v2i1.12194
Ida Ri’aeni, M. S. M. P. T. S. (2019). 9460-Article Text-22291-1-10-20190422. PENGARUH BUDAYA KOREA (K-POP) TERHADAP REMAJA DI KOTA CIREBON, 01, 02.
Lailil Achmada, FX. S. S. (2014). Pola Perilaku Komsumtif Pecinta Koree POLA PERILAKU KONSUMTIF PECINTA KOREA DI KOREA LOVERS SURABAYA COMMUNITY (KLOSS COMMUNITY) Lailil Achmada.
Mamiek Sayyidatus Shalihah. (2019). PERILAKU KOMUNIKASI PENGGEMAR K-POP (STUDI FENOMENOLOGI TENTANG PERILAKU KOMUNIKASI PENGGEMAR K-POP SEBAGAI AUDIEN VIDE MUSIK GIRLBAND BLACKPINK “DDU DU DDU DU” DI UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.
Muhammad Basri, H. K. L. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI PPAPK FKIP UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK.
Muhammad Zayyin Asrofi. (2021). TREND BUDAYA K-POP DI KALANGAN REMAJA INDONESIA: BTS MEAL HINGGA FANATISME.
Nofer, D., Sebelas, U., Titis, S., Pitana, S., Susanto, S. D., Universitas, S., & Maret, S. (2019). BUDAYA NOMAD DALAM PERTARUNGAN WACANA MUSIK INDUSTRI INDONESIA STUDI KASUS: BOY-GIRL BAND. https://doi.org/10.17977/um015v47i22019p115
Nurjanah, P., & El Ikhsan, N. (2022). PENGARUH FANATISME DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MERCHANDISE KPOP (STUDI KASUS PADA KOMUNITAS PENGGEMAR GRUP KPOP SVT DI DKI JAKARTA). In 449 | Jurnal Administrasi Bisnis (Vol. 2, Issue 3). http://ojs.stiami.ac.id/index.php/JAMBIS
Prof. Dr. Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. ALFABETA.
Putri, M. ;, Narawati, C., Rebecca, ;, Lisnawaty, Y., & Pradita, U. (2022). Pengaruh Korean Waves Terhadap Fashion Remaja Indonesia. 1(1), 138–153. https://doi.org/10.11111/nusantara.xxxxxxx
Riauzie, M., Ranteallo, C., & Zuryani, N. (2022). PERILAKU KONSUMTIF REMAJA PEREMPUAN TERHADAP TREND FASHION KOREA DI JAKARTA SELATAN.
Ruben Brent D, I. H. S. L. P. (2013). Komunikasi dan perilaku manusia. Rajawali Pers.
Septiansari, D., & Handayani, T. (2021). Pengaruh Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Teknologi, 5(1), 53–65. https://doi.org/10.35870/emt.v5i1.372
Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan (Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi). Alfabeta.
Swastha, B. dan H. (2000). Manajemen Pemasaran : Analisis Perilaku Konsumen (Edisi Pertama). BPFE.
Utami Sri 2022. (n.d.). Pengaruh Literasi Keungan, Pendapatan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Pada Masa Pandemi COVID-19.
Walgito, B. (2010). PENGANTAR PSIKOLOGI UMUM. www.freepik.com