Analisis Personal Branding Prabowo Subianto Melalui Media Sosial TikTok Partai Gerindra
DOI:
https://doi.org/10.22487/ejk.v11i2.1234Kata Kunci:
Prabowo Subianto, TikTok, Personal brandingAbstrak
Fenomena personal branding semakin tampak nyata di media sosial, dengan TikTok menjadi salah satu platform digital yang paling populer untuk tujuan ini. Basis pengguna yang luas memungkinkan individu untuk mencapai audiens yang luas melalui konten visual dan audiovisual, yang mendorong interaksi dengan pengikut. Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan dan calon potensial dalam Pemilihan Presiden 2024, adalah salah satu tokoh politik yang memanfaatkan TikTok untuk membangun personal branding. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan personal branding Prabowo Subianto melalui akun TikTok @partaigerindra. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini menggali data secara mendalam untuk memberikan wawasan tentang fenomena personal branding Prabowo Subianto di TikTok. Temuan menunjukkan bahwa personal branding Prabowo mencakup delapan hukum yang diusulkan oleh Montoya dan Vandehey. Upaya Prabowo telah menghasilkan persepsi positif, yang terlihat dari komentar netizen pada postingan Partai Gerindra. Kekuatan personal branding Prabowo di TikTok menjadi keunggulan kompetitif untuk Pemilihan 2024.
Unduhan
Referensi
Ardha, B. (2014). Social Media sebagai Media Kampanye Partai Politik 2014 di Indonesia. Jurnal Visi Komunikasi , 13(1).
Buluamang, Y. M. O. (2018). HUBUNGAN ANTARA PERILAKU KOMUNIKASI KEPALA DAERAH DENGAN CITRA PUBLIK DAN EKSPEKTASI PUBLIK. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 22(1), 75. https://doi.org/10.31445/jskm.2018.220106
Cahyani, A. J. D. K. (2021). Analisis Strategi Impression Management Dalam Membentuk Personal Branding Selebgram Melalui Media Sosial Instagram. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. (2004). Principles of qualitative research: Designing a qualitative study. Office of Qualitative & Mixed Methods Research, University of Nebraska, Lincoln.
Elmasita, N. (2023). Personal Branding dan Eksistensi Diri. In Komarudin (Ed.), FENOMENA KOMUNIKASI DI ERA VIRTUALITAS (Sebuah Transisi Sosial Sebagai Dampak Eksistensi Media Sosial). CV. Green Publisher Indonesia.
Gorbatov, S., Khapova, S. N., & Lysova, E. I. (2018). Personal Branding: Interdisciplinary Systematic Review and Research Agenda. Frontiers in Psychology, 9. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.02238
Haroen, D. (2014). Personal Branding : Kunci Kesuksesan Anda Berkiprah di Dunia Politik (Ubaedy & A. Wiranata, Eds.). Gramedia Pustaka Utama.
Hendra, R. (2020). Strategi Personal Branding Perupa Melalui Media Sosial. Jurnal Tata Kelola Seni, 6(2), 67–76. https://doi.org/10.24821/jtks.v6i2.4689
Iman Sulaiman, A. (2013). Komunikasi Politik dalam Demokratisasi. DINAMIKA KOMUNIKASI POLITIK MENJELANG PEMILU 2014, 11, 9. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/observasi/article/view/96
Montoya, P., & Vandehey, T. (2002). The Personal Branding Phenomenon: Realize Greater Influence, Explosive Income Growth and Rapid Career Advancement by Applying the Branding Techniques of Michael, Martha & Oprah. Peter Montoya Incorporated.
Nurhaidar. (2019). MEDIA SOSIAL DAN PEMULIHAN PASCA BENCANA. KINESIK, 6(3), 321–334. https://doi.org/10.22487/ejk.v6i3.91
Pertiwi, R., & Rusadi, U. (2022). Karakteristik Komunitas Hong Di Media Sosial Instagram Pada Web 2.0 [Universitas Esa Unggul]. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jc.v19i2
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian (A. A. Effendy, Ed.). Cipta Media Nusantara.
Razaqa, M. K., Prawira, F. R., & Santoso, G. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Orientasi Politik Pemilih Pemula Siswa Pada Pemilu. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 1(2).
Riyanto, A. A. P. (2022). Leadership Style of Prabowo Subianto . Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Rizky, A. T. J., Harris, E. A., & Soekarno, Z. P. (2023). Analisis Komunikasi Politik Prabowo Subianto Di Media Sosial Menjelang Kontestasi Pemilihan Presiden 2024. Seminar Nasional Universitas Negeri Surabaya 2023.
Shahreza, M. (2017). Komunikator Politik Berdasarkan Teori Generasi. Nyimak (Journal of Communication), 1(1). https://doi.org/10.31000/nyimak.v1i1.273
Subianto, P. (2022). KEPEMIMPINAN MILITER BUKU 1 (D. Setiawan, Ed.; Cetakan Kedua). PT Media Pandu Bangsa.
Suhairi, Siregar, I. S., Nurhadiah, Leli, N., & Handayani, R. T. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Komunikasi Massa dalam Memperluas Jangkauan dan Meningkatkan Interaksi dengan Konsumen. Jurnal Mirai Management, 8(2), 436–444.
Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270
Zarkada, A. (2012). Concepts and Constructs for Personal Branding: An Exploratory Literature Review Approach. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.1994522
 
						 
							




