Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana media sosial dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis, termasuk mengeksplorasi fungsi dan fitur dalam media sosial yang digunakan oleh pelaku bisnis dalam menjalankan roda bisnisnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sejumlah media sosial, penggunaan websiate khusus perusahaan tidak lagi menjadi prioritas dalam pemilihan media. Hal ini dikarenakan banyaknya jejaring sosial yang bermunculan dengan menawarkan berbagai fitur menarik yang lumayan efektif dan efisien dalam menjangkau dan mempromosikan produk. Adapun yang mendasari pemilihan media sosial yang digunakan bagi pelaku bisnis kuliner dalam mempromosikan usahanya yaitu berdasarkan tingkat kepopuleran media, jumlah follower yang dimiliki oleh akun grup public, fungsi aplikasi yang ditawarkan serta efektifitas media dalam menjangkau konsumen. Sementara dari segi penggunaan, para pelaku bisnis cenderung memaksimalkan segala fitur dan fungsi yang disediakan oleh media sosial.