Main Article Content
Abstract
Kesehatan merupakan kebutuhan utama bagi manusia. Keberadaan Rumah Sakit (RS) sebagai salah satu fasilitas kesehatan yang diandalkan oleh masyarakat, tentu saja harus memenuhi syarat utamanya pelayanan dan kebersihan. Namun, apa jadinya jika salah satu keluarga pasien mengeluhkan akan kebersihan kamar pasien, dan respon yang diberikan oleh petugas Rumah Sakit tidak memuaskan. Akibatnya, keluhan melalui video pun sengaja diviralkan, supaya mendapatkan perhatian dan respon dengan cepat. Peristiwa ini terjadi di salah satu Rumah Sakit Bersalin Elim Rantepao di Toraja Utara. Video yang memperlihatkan adanya serangga (kecoa) di kamar bangsal RS tersebut. Keluhan yang telah disampaikan ditanggapi seadanya oleh pihak RS. Viralnya video tersebut dalam dua (2) hari menuai ribuan komentar dan respon dari warganet. Kejadian ini tentu mencoreng nama RS Elim yang telah lama menjadi satu-satunya RS bersalin di daerah tersebut. Upaya yang dilakukan pihak manajemen RS pun terkesan lambat. Citra RS Elim Rantepao yang sempat tercoreng akibat viralnya video tersebut, tentu butuh untuk dipulihkan melalui proses komunikasi dan manajemen krisis yang tepat.